• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA SISWA KELAS IV DI SDN BADEAN 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Wirida Sari Waskita - 090210204078_1.pdf (9.393Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Wirida Sari Waskita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mat a pelajaran yang ada di SD dan memiliki karakteristik pendidikan ranah afektif. Pendidikan Kewarganegaraan bukanlah mata pelajaran yang hanya memfokuskan pada ranah kognitif semata, melainkan memfokuskan pada penanaman nilai -nilai dalam diri siswa. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil observasi di SDN Badean 1 Jember pembelajaran PKn di sekolah tersebut khususnya pembelajaran PKn cenderung membosankan karena guru belum mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga aktivitas belajar dan hasil belajar siswa masih belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang lebih menginternalisasi nilai-nilai sehingga siswa semangat dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan sikap terhadap pengaruh globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas x x perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Badean 1 Jember sebanyak 41 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskript if kualitatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, proses pembelajaran melalui model pembelajaran Value Clarification Technique Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique xi xi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15%. Begitupun juga dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus secara signifikan. Persentase ahasil belajar siswa pada siklus 1 adalah sebesar 71% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa, sedangkan persentase belajar pada siklus 2 sebesar 85% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 35 dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa. Sehingga peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 adalah sebsar 14%. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9867
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository