Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional Bidang Fesyen Dalam Menghadapi Modernisasi Pasar di Kabupaten Kediri
Abstract
Masuknya peritel yang menawarkan konsep pasar modern di Kabupaten
Kediri seperti Apollo plaza, Rajawali dan lain-lain maka mempunyai pengaruh pada
perkembangan usaha para pedagang tradisional bidang fesyen, karena lebih unggul
dalam hal permodalan, promosi, iklan, serta tempat yang lebih modern. Pedagang
tradisional bidang fesyen harus mampu menentukan strategi pemasaran yang sesuai
agar usahanya bertahan hidup dan tetap eksis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran pedagang tradisional bidang
fesyen dalam menghadapi modernisasi pasar di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri.
Tahap pengumpulan data dalam panelitian ini meggunakan metode kualitatif
deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari
tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu : reduksi data, Penyajian data,
Penarikan kesimpulan/ verifikasi, dengan menggunakan matriks konseptual, matriks
deskriptif-tertata, dan matriks dinamika situs dari pedagang tradisional bidang fesyen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh
pedagang tradisional bidang fesyen terdiri dari marketing mix, yang lebih ditekankan
pada penentuan harga yang murah (price), kelengkapan dan keberagaman produk
barang dagangan yang dijual (product), barang dagangan yang komplit dan lengkap
serta banyak pilihan model dan warna. Hal tersebut merupakan kekuatan dari
pedagang tradisional bidang fesyen. Dalam memanfaatkan saluran distribusi (place)
pedagang tradisional bidang fesyen selain menjual barang dagangannya kepada
konsumen akhir juga menjual barang dagangannya kepada pedagang yang barangnya
dijual lagi, pedagang keliling, dan lain-lain yang dijual kepada konsumen akhir. Hal
tersebut dilakukan agar barang dagangannya tetap laku dan meningkatkan volume
penjualan dalam menghadapi persaingan usaha.