Show simple item record

dc.contributor.authorWindia Nur Arofah
dc.date.accessioned2013-12-18T04:05:35Z
dc.date.available2013-12-18T04:05:35Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9860
dc.description.abstractPendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menerapkan teknik pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.Teknik make a match merupakan salah satu teknik belajar dalam model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kartu sebagai media pembelajaran untuk berinteraksi dengan kelompoknya Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui pembelajaran kooperatif teknik make a match di SDN Kaliwining 01 Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui pembelajaran kooperatif teknik make a match di SDN Kaliwining 01 Jember. xi Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwining 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini menggunakan purposive sampling area yaitu di kelas IV dengan jumlah 46 siswa yang terdiri atas 28 siswa laki -laki dan 18 siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV. Desain penelitian menggunakan model skema spiral dari Hopkins dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN Kaliwining 01 Jember dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 14,6% dari tahap pra siklus 49,8% menjadi 64,4% pada siklus I dan termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,8% menjadi 76,2% dan termasuk dalam kriteria aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahapan pra siklus 30,4% meningkat sebesar 32,6% menjadi 63% pada siklus I. Dalam siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 24% dari 63% menjadi 87% sehingga ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II termasuk kategori baik. Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menerapkan dan mengembangkan teknik make a match ini pada mata pelajaran lain sebagai acuan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Selain itu, teknik make a match sebaiknya sering dilakukan dalam proses belajar mengajar untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204028;
dc.subjectPEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK MAKE A MATCHen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH DI SDN KALIWINING 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record