PERSEPSI PENERIMA JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SUKOWONO
Abstract
Pemerintah sebagai instansi tertinggi yang bertanggung jawab atas
pemeliharaan kesehatan penduduk atau masyarakat harus pula memenuhi kewajiban
dalam meneyediakan sarana pelayanan kesehatan, serta menyelenggarakan system
asuransi kesehatan sehingga penduduk sakit dapat disembuhkan. Salah satu program
yang dibuat pemerintah adalah jaminan kesehatan masyarakat (
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisi
persepsi masyarakat penerima jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan secra medis,
administrative dan sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Puskesmas Sukowono
Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember, alasan penulis memilih lokasi penelitian
ini disebabkan di Puskesmas Sukowono terdapat pasien pengguna jamkesmas.
Penentuan informan dalam penelitian ini menngunakan metode Snowball dan
menemukan 9 informan, yaitu 5 sebagai informan pokok, 4 sebagai informan
tambahan. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi
wawancara mendalam
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan
bahwa persepsi pengguna jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas
sukowono baik dari segi fasilitas atau sarana dan prasarana, pelayanan medis maupun
pelayanan administrative adalah positif. Hal ini terlihat dari tingkat kepuasan
masyarakat yang berobat di puskesmas sukowono terhadap pelayanan kesehatan yang
diberikan. Tingkat kepuasan pasien pengguna jamkesmas yang mendapatkan
pelayana kesehatan di puskesmas sukowono sudah cukup banyak artinya hampir
seluruh pasien rawat jalan tingkat lanjutan