PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN SETTING COOPERATIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII B SMP Islam Bustanul Ulum pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Bidang Ekonomi Pokok Bahasan Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Proses  pembelajaran  yang  selama  ini  diterapkan  di  sekolah-sekolah  masih 
mengunakan  model  pembelajaran  konvensional.  Hal  tersebut  akan  berdampak  pada 
proses  belajar  mengajar  dimana  aktivitas  belajar  siswa  dan  hasil  belajar  siswa  tidak 
sesuai  dengan  standar  ketuntasan  belajar  di  SMP  Islam  Bustanul  Ulum.  Agar  siswa 
memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam 
memilih  model  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karateristik  mata  pelajaran  IPS 
terpadu  bidang  ekonomi.  Salah  satu  model  pembelajaran  yang  sesuai  dengan 
karakteristik  mata  pelajaran  IPS  terpadu  bidang  ekonomi  pokok  bahasan  motif, 
tindakan,  prinsip  ekonomi  adalah  model  quantum  learning  dengan  setting 
cooperative.  Tujuan  dari  penelitian  ini  untuk  mendeskripsikan  proses  penerapan 
model quantum learning dengan setting cooperative dapat meningkatkan hasil belajar 
siswa  yang  berupa  nilai  dan  aktifitas  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPS  terpadu 
bidang  ekonomi  pokok  bahasan  tindakan,  motif,  dan  prinsip  ekonomi  pada  siswa 
kelas VII B di SMP  Islam Bustanul Ulum semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  dengan 
menggunakan  model  quantum  learning  dengan  setting  cooperative  pada  mata 
pelajaran  IPS  terpadu  bidang  ekonomi  pokok  bahasan  tindakan,  motif,  dan  prinsip 
ekonomi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VII B di SMP  
Islam  Bustanul  Ulum  semester  ganjil  tahun  ajaran  2010/2011.  Penentuan  subjek 
penelitian menggunakan  metode populasi. Metode penentuan lokasi  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 
observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis 
deskriptif kualitatif  
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  model  quantum  learning 
dengan setting cooperative dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang berupa nilai 
dan  aktivitas  belajar  siswa  kelas  VII  B  di  SMP  Islam  Bustanul  Ulum  dalam  proses 
pembelajaran IPS terpadu bidang ekonomi. Hal tersebut dibuktikan pada siklus I dan 
siklus II terjadi peningkatan di berbagai aspek (kognitif, afektif) pada aspek kognitif 
dari siklus I   menjadi  pada siklus II. Analisis keaktifan siswa secara 
individual  menunjukkan  peningkatan  dari  siklus  I  14  siswa  yang  masuk  dalam 
kategori sangat aktif menjadi 28 siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif pada 
siklus II.
