• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TABUNG DAN KERUCUT MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN SUKOWIRYO 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (349.7Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    YULIANA WIDIA WATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowiryo 01 Bondowoso pada tanggal 4 Mei sampai 28 Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 20 siswa dengan 12 siswa putri dan 8 siswa putra. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 2 siklus yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada tiap siklus. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu presentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 83,49%. Sedangkan hasil tes menunjukkan bahwa ada 9 siswa yang belum tuntas belajar dari 20 siswa. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal adalah 55% dan belum mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu 75% siswa mendapat ≥ 70. Penelitian dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh presentase aktivitas belajar siswa sebesar 91,54% dan hasil tes siklus II menunjukkan bahwa ada 4 siswa yang belum tuntas dari 20 siswa artinya siswa yang tuntas yaitu 80% dan telah memenuhhi standar ketuntasan belajar secara klasikal. Jadi, pada siklus II terjadi peningkatan presentase aktivitas belajar maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan dari hasil analisa data dan pembahasan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9839
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository