Perbedaan Tingkat Perkembangan Sosial Anak Obesitas dan Tidak Obesitas pada Usia Sekolah di Sekolah Dasar Katolik Maria Fatima Jember
Date
2015-09-01Author
HIDAYATULLAH, Arif
SULISTYORINI, Lantin
RONDHIANTO, Rondhianto
Metadata
Show full item recordAbstract
Obesitas telah menjadi persoalan yang serius di negara-negara berkembang saat ini .
Obesitas merupakan kondisi kelebihan berat badan akibat ketidakseimbangan antara
masukan dan pemakain energi. Obesitas yang terjadi pada anak-anak memberikan dampak
pada perkembangannya, khususnya pada aspek fisik dan psikososial. Perkembangan sosial
merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak pada usia sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat perkembangan sosial anak
obesitas dan tidak obesitas pada usia sekolah di SD Katolik Maria Fatima Jember. Desain
penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Metode
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan
Mann Whitney (α=0,05). Hasil uji statistik menunjukkan p value=0,000 (p value ≤ 0,05), yang
berarti terdapat perbedaan signifikan antara tingkat perkembangan sosial anak obesitas dan
tidak obesitas pada usia sekolah di SD Katolik Maria Fatima Jember. Perawat pediatric
merupakan salah satu petugas pelayanan kesehatan harus meningkatkan kesehatan anak
dengan menekan angka prevalensi anak obesitas di Indonesia dengan melakukan promosi
kesehatan kepada orang tua anak dan guru mengenai pentingnya perkembangan anak,
khususnya perkembangan sosial anak.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]