• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penalaran Matematis Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Quantity Berdasarkan Proses Matematis

    Thumbnail
    View/Open
    Mei Dwi Anggraeni-150210101069.pdf-sdh split.pdf (10.62Mb)
    Date
    2019-09-20
    Author
    ANGGRAENI, Mei Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Programme for International Student Assesment (PISA) merupakan suatu program internasional yang diselenggarakan oleh OECD yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis, literasi bahasa, dan literasi sains siswa yang berumur 15 tahun. Dasar penilaian kemampuan literasi matematis dalam PISA dikategorikan ke dalam tiga komponen matematika yaitu konten, proses, dan konteks matematika. Salah satu konten matematika dalam PISA kuantitas (Quantity) yang berkaitan dengan bilangan. Komponen proses dalam PISA dikategorikan menjadi 3 komponen yaitu merumuskan situasi secara matematis, menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika, dan menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kurang dari 15 tahun dalam menyelesaikan soal PISA. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Jember dengan kemampuan siswa yang heterogen. Selanjutnya dipilih 6 siswa berdasarkan ketercapaian indikator proses matematis yang berbeda-beda dengan angka terkecil hingga terbesar untuk diwawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes penalaran matematis, kuesioner, dan pedoman wawancara. Keseluruhan instrumen yang digunakan telah divalidasi dan telah dinyatakan valid. Instrumen tes penalaran matematis mempunyai nilai validasi 2,85; kuesioner 2,75; dan pedoman wawancara 2,75. Pengambilan data dimulai dari tanggal 16 April 2019 hingga 14 Mei 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu metode tes, kuesioner, wawancara. Metode yang digunakan untuk memenuhi subjek penelitian adalah dengan snowball throwing. Siswa dipilih berdasarkan pemenuhan indikator yang berbeda-beda. Pengambilan subjek penelitian dihentikan ketika data yang diperoleh sudah jenuh. Data dapat dikatakan jenuh jika kapan dan dimana pun pertanyaan pada subjek dan pada siapa pun pertanyaan sama diajukan, hasil jawaban tetap konsisten sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kecenderungan kemampuan penalaran matematis yang nampak pada siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai penalaran matematis, siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Jember cenderung mampu menyelesaikan soal PISA konten Quantity berdasarkan proses matematis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai penalaran matematis siswa berdasarkan proses matematis, siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Jember cenderung mampu menyelesaikan soal PISA konten Quantity berdasarkan proses matematis. Siswa yang mampu merumuskan situasi secara matematis dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal menggunakan variabel atau model matematika cenderung memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik dalam hal menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram. Siswa yang mampu menerapkan fakta dan aturan matematis dalam menentukan strategi dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut cenderung memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik dalam hal mengajukan dugaan. Siswa yang mampu menerapkan strategi dan memanipulasi angka, data, ekspresi aljabar dan persamaan yang diberikan serta membuat generalisasi cenderung memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik dalam melakukan manipulasi matematis. Siswa yang mampu menuliskan kesimpulan dari permasalahan yang diberikan dan memeriksa hasil penerapan prosedur matematika cenderung memiliki kemampuan penalaran matematis dalam hal menarik kesimpulan dan menyusun bukti serta memeriksa kebenaran suatu argumen. Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat membuat pertanyaan dengan jelas sehingga dapat dipahami oleh siswa serta menggunakan sistem penskoran PISA sebagai bahan evaluasi hasil literasi matematika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98194
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository