Optimasi Penugasan Guru Mengajar DI Sekolah Dengan Modified Revised Ones Assignment Method (Mroa) Berbantuan Matlab
Abstract
Penjadwalan adalah proses, cara, perbuatan menjadwalan atau memasukkan
ke dalam jadwal. Kegiatan penjadwalan perlu memperhatikan waktu
pengalokasian serta kapasitas sumber yang ada seperti tenaga kerja, mesin
maupun operator. Penjadwalan bisa ditemui pada aktivitas masyarakat seperti:
penjadwalan mata kuliah atau penjadwalan mata pelajaran. Masalah penjadwalan
mata pelajaran dapat di atasi dengan melakukan riset melalui pendekatan teknik
optimisasi. Optimasi merupakan salah satu ilmu matematika yang bertujuan untuk
mendapatkan suatu nilai maksimum ataupun minimum dari suatu permasalahan.
Optimasi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satunya perusahaan
dalam mencapai hasil target yang optimal. Untuk mendapatkan penjadwalan yang
optimal, dapat dilakukan dengan metode penugasan atau assignment problem.
Masalah penugasan dapat diselesaikan dengan Metode Hungarian. Terdapat
modifikasi dalam metode penugasan dinamakan dengan Modified Revised Ones
Assignment Method (MROA). Modifikasi yang dilakukan dengan berbantuan
MATLAB bertujuan untuk mendapatkan solusi optimal yang lebih cepat pada
masalah penugasan.
SMP Negeri 1 Jember merupakan salah satu sekolah negeri yang terletak di
Kabupaten Jember dengan jumlah guru 54 orang, dimana terdapat 30 kelas dari
kelas VII sampai kelas IX, dengan 10 kelas setiap jenjangnya. Pengaturan jadwal
mata pelajaran setiap kelasnya disesuaikan dengan jumlah guru yang ada di sana.
Jumlah jam setiap minggunya untuk masing-masing mata pelajaran yang berbeda
juga dijadikan pertimbangan terhadap penjadwalan mata pelajaran disana. Oleh
sebab itu, supaya tidak terjadi jadwal mengajar yang tumpang tindih atau guru
mengajar di dua kelas yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, sekolah perlu
melakukan optimasi pengaturan jam mengajar guru dengan menerapkan Modified Revised Ones Assignment Method (MROA) berbantuan MATLAB yang bisa
menghasilkan perhitungan yang lebih cepat dibandingkan metode manual yang
biasa dipakai oleh sekolah