Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Iklan Dan Harga Terahadap Keputusan Pembelian Barang Outdoor Oleh Konsumen Pada Toko Cartenz Cabang Jember
Abstract
Pemahaman terhadap perilaku konsumen merupakan hal sangat penting karena
akan membantu perusahaan dalam menciptakan nilai unggul dari produk atau jasa
yang ditawarkan dan menyusun strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat
memuaskan konsumen. Perusahaan perlu memanfaatkan sumber daya dengan
optimal, termasuk dengan menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat
mempengaruhi konsumen. Salah satu dampak dari pesatnya dunia usaha saat ini
adalah pelaku usaha saling bersaing untuk mendapatkan pasar. Fenomena persaingan
yang ada telah membuat para pengusaha menyadari suatu kebutuhan untuk
mengeksploitasi sepenuhnya aset-aset mereka demi memaksimalkan kinerja
perusahaan dan mengembangkan keuntungan kompetitif.
Salah satu strategi pemasaran yang diciptakan oleh perusahaan adalah dengan
menggunakan keputusan pembelian. Keputusan pembelian menurut adalah suatu
tahap proses pengambilan keputusan pembeli dimana konsumen benar-benar
membeli. Pengambilan keputusan merupakan suatu kegiatan individu yang secara
langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan.
Proses keputusan pembelian bukan sekedar mengetahui berbagai faktor yang
mempengaruhi pelanggan, tetapi berdasarkan peranan dalam pembelian keputusan
untuk membeli.
Konsumen memilih suatu produk untuk dibeli dipengaruhi oleh beberapa faktor
seperti kualitas produk, iklan dan harga. Suatu perusahaan dalam mengeluarkan
produk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan
begitu maka produk dapat bersaing di pasaran. Perusahaan dengan kualitas produk
yang baik nantinya akan tumbuh dengan baik, selain itu dalam jangka Panjang perusahaan akan lebih berhasil dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian yang kedua adalah iklan. Iklan merupakan suatu
investasi ekonomis bagi kebanyakan perusahaan dan organisasi non-profit, iklan
merupakan sebuah investasi yang di anggap sangat menguntungkan. Faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian yang lain adalah harga. Harga adalah sejumlah
uang yang ditukarkan untuk sebuah produk atau jasa. Suatu hal lazim bahwa seorang
konsumen menginginkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, dan
inilah mengapa faktor harga menjadi penting.
PT. Cartenz Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam
bidang retail, yang menyediakan peralatan adventure, outdoor fashion, foot wear,
safety work dan berbagai peralatan outdoor yang terdiri dari ransel, pakaian ourdoor,
aksesoris untuk keperluan outdoor, sarum tangan, tenda dan sepatu tracking. PT.
Cartenz Indonesia terus berusaha untuk semakin berkembang melalui perluasan
pangsa pasar dengan membuka cabang di berbagai kota di Indonesia salah satunya di
Kota Jember. Dalam perjalanan usahanya, PT. Cartenz Indonesia melakukan banyak
upaya dan berusaha memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia petualangan.
Kualitas produk yang diberikan oleh PT. Cartenz Indonesia ternyata meningkatkan
tingkat pembelian konsumen, dapat dibuktikan dengan semakin banyak petualang dan
pendaki menggunakan produk PT. Cartenz Indonesia.
Hasil analisis menggunakan metode regresi linier berganda menunjukkan
bahwa kualitas produk, iklan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian barang outdoor oleh konsumen pada Toko Cartenz cabang
Jember. Artinya konsumen Toko Cartenz setuju jika mereka melakukan sebuah
pembelian apabila kualitas produk, iklan dan harga sesuai dengan standar. Sehingga
terbukti bahwa keputusan pembelian konsumen pada Toko Cartenz cabang Jember
akan dilakukan jika produk yang dijual memeliki kualitas yang sesuai dengan standar,
iklan mengenai produk yang ditawarkan dan harga yang sesuai dengan manfaat
produk.