Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Bersih dengan Metode Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Melakukan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SDLB-C TPA Kabupaten Jember (The Effect of Hands Washing Training with Puzzle Method to Ability to Wash Hands of Children with Mental Retardation at SDLB-C TPA in Jember)
Date
2016-09-01Author
ZAKARYA, Yunus Nur
DEWI, Erti Ikhtiarini
SUSANTO, Tantut
Metadata
Show full item recordAbstract
Anak dengan tunagrahita adalah anak yang mengalami gangguan pada tingkat kecerdasannya
Permasalahan anak tunagrahita adalah ketidakmampuan melakukan cuci tangan. Upaya untuk
meningkatkan kemampuan cuci tangan anak tunagrahita dengan memberikan pelatihan cuci
tangan metode puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan cuci tangan
bersih dengan metode puzzle terhadap kemampuan melakukan cuci tangan anak tunagrahita.
Desain penelitian pre eksperimental, pre test and post test group design. Tempat penelitian di
SDLB-C TPA Kabupaten Jember. Sampel penelitian berjumlah 25 anak tunagrahita. Analisis data
menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil menunjukkan ada pengaruh pelatihan cuci
tangan bersih dengan metode puzzle terhadap kemampuan melakukan cuci tangan anak
tunagrahita (p value < 0,05). Peneliti menyarankan kepada sekolah untuk menyediakan fasilitas
mencuci tangan seperti wastafel darurat, tisu, dan sabun.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]