Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Abstract
Globalisasi memberikan persaingan terbuka kepada setiap pelaku bisnis, untuk menjadi perusahaan
yang unggul dan bernilai, salah satu cara yang dapat diambil oleh perusahaan melalui pengungkapan
laporan sosial perusahaan (CSR). Makalah ini ingin mengeksplorasi sejauh mana karakteristik perusahaan
mempengaruhi tingkat pengungkapan CSR. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
pengujian hipotesis studi empiris dengan pengambilan sampel semua perusahaan yang diindeks
L-Q45 di bursa efek Indonesia. Alasan pemilihan indeks ini adalah indeks utama di Indonesia dengan
kriteria yang ditetapkan oleh regulator, termasuk tingkat likuiditas, kapitalisasi pasar, dan prospek
pertumbuhan perusahaan. Hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil Profitabilitas dan
total aset berpengaruh terhadap pengungkapan luas CSR, ini juga mendukung teori stakeholder dan
teori legitimasi, sebaliknya, leverage tidak mempengaruhi pengungkapan luas CSR. Itu disebabkan oleh
manajemen perusahaan melihat leverage yang tinggi cenderung mengurangi pengungkapan tanggung
jawab sosial sehingga tidak menjadi sorotan para debtholders.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]