Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Course Review Horay terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMK Darus Sholihin Puger Kabupaten Jember
Date
2016-09-02Author
Suhariyati, Suhariyati
Hardiani, Ratna Sari
Rahmawati, Iis
Metadata
Show full item recordAbstract
HIV/AIDS adalah penyakit infeksi menular akibat human immunodeficiency virus yang menyerang
sistem kekebalan tubuh. Jumlah kasus HIV/AIDS pada remaja masih tinggi dikarenakan terbatasnya
pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS. Salah satu cara untuk meningkatkan
pengetahuan dan sikap remaja terkait HIV/AIDS melalui pendidikan kesehatan dengan metode
Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan
kesehatan dengan metode course review horay terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang
HIV/AIDS di SMK Darus Sholihin Puger. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy
eksperiment dengan pendekatan non-equivalent control group dengan jumlah sampel sebanyak 36
siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon dan mann u whitney dengan
tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil analisa data membuktikan bahwa terdapat perbedaan
pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen dan kontrol yang dibuktikan dengan nilai mann
u whitney p = 0,000 pada pengetahuan dan sikap p = 0,001 (p<α). Kesimpulan dari penelitian ini
adalah terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode CRH terhadap pengetahuan dan
sikap remaja tentang HIV/AIDS. Perawat diharapkan dapat menerapkan pendidikan kesehatan
dengan metode CRH untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja terkait HIV/AIDS.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]