• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Latihan Gerak Mata Pada Siswa SLTP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2001-2002

    Thumbnail
    View/Open
    Fahuri 010210402404.pdf (4.571Mb)
    Date
    2002-08-03
    Author
    JAHURI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Siswa Dalam Membaca Cepat Perlu Dikembangkan Karena Selama Ini Kurang Mendapat Perhatian Khusus, Sehingga Kecepatan Baca Siswa Kurang DARI 200 kpm. Latihan Gerak Mata Merupakan Salah Satu Metode Membaca Cepat Yang Banyak Digunakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Tingkat Kecepatan Baca Siswa Dalam Membaca Cepat Dan Kemampuan Pemahaman Bacaan Dalam Membaca Cepat Melalui Latihan Gerak Mata Penelitian Ini Dilaksanakan Mulai Bulan Maret Sampai Dengan Bulan Juni 2002 Di SLTP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2001-2002 Penelitian Ini Dilaksankan Dengan Rancangan Tindakan Kelas Melalui 2 Siklus. Untuk Pengambilan Sampel Penelitian Dilakukan Dengan Menggunakan Sistem Acak, Dengan Sampel Sejumlah 37 Siswa Untuk Pengambilan Data Penelitian Dilakukan Dengan Metode Tes, Yaitu Digunakan Untuk Mengetahui Tingkat Kecepatan Baca Dan Tingkat Kemampuan Pemahaman Bacaan Pada Siswa Karena Membaca Pada Hakikatnya Adalah Pemahaman, Sedangkan Metode Observasi Digunakan Untuk Mengetahui Sikap Siswa Dalam Membaca Guna Memperbaiki Cara Membca Cepat Yang Benar. Analisis Data Terhadap Hasil Penelitian Tersebut Menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif Dengan Persentase. Dalam Penelitian Ini Diperoleh Hasil, Bahwa Siswa Dalam Membaca Cepat Dengan Menggunakan Latihan Gerak Mata Menunjukkan Hasil Yang Baik, Karena Sebelum Diadakan Tindakan, Kecepatan Baca Siswa Rata-Rata 191 kpm, Atau Kurang Dari 200 kpm, Namun Setelah Diadakan Tindakan Sampai Siklus Ke-2 Kecepatan Baca Siswa 218 kpm Atau Naik 14% Sedangkan Tingkat Pemahaman Bacaan Sebelum Diadakan Tindakan Rata-Rata Nilainya 68, Pada Siklus ke-1 Nilai Pemahaman Bacaannnya 70, Sedangkan Pada Siklus ke-2 Nilai Pemahaman Bacaan 87, Atau Naik 27,9% Dibanding Sebelum Diadakan Tindakan, Serta Dengan Ketuntasan Belajar Siswa Secara Klasikal 87,1% Karena Keberhasilan Pembelajaran Juga Terkait Dengan Ketuntasan Secara Klasikal Adanya Peningkatan Kecepatan Baca Dan Kemampuan Pemahaman Bacaan Siswa Maka Kegiatan Ini Sudah Dikatakan Tercapai Dengan Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Ini Disarankan Kepada Siswa Hendaknya Berupaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Latihan Gerak Mata Yang Pada Akhirnya Dapat Meningkatkan Prestasi. Bagi Guru Bahasa Indonesia Agar Secara Sadar Dan Terencana Menerapkan Latihan Gerak Mata Dalam Meningkatkan Kemampuan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97085
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository