• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SALURAN DISTRIBUSI OLI EVALUBE PADA PT. PAKTA SINAR GEMILANG (PSG) CABANG JEMBER (Channel Distribution of Evalube Marketplace in PT. Pakta Sinar Gemilang (PSG) Jember Branch)

    Thumbnail
    View/Open
    Ade Risnawati Astari - 080910202043_1.pdf (962.5Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Ade Risnawati Astari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT. Pakta Sinar gemilang (PSG) merupakan kantor anak cabang dari PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) sebagai distributor tunggal Oli Evalube area mulai Probolinggo sampai dengan Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran distribusi yang diterapkan oleh Perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PT. Pakta Sinar Gemilang Adapun masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi ditribusi Oli Evalube. Tipe penelitian deduktif dengan paradigma kualitatif. Menggunakan dua informan dalam memperoleh data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis domain taksonomi Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian saluran distribusi yang dilakukan PT. Pakta Sinar Gemilang penjualan dibagi menjadi tiga kelas produk yaitu kelas menengah keatas oli untuk kendaraan 4 runner sae dan scootic, untuk kelas menengah oli untuk kendaraan 4T runner, sedangkan kelas menengah kebawah oli untuk kendaraan 2T. Pada penjualan masih belum mampu mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan namun penjualan masih menonjol pada kelas menengah kebawah yaitu 2T series, sedangkan pada harga diberikan potongan untuk semi retail dan semi grosir setiap pembayaran tunai. Promosi yang dilakukan sudah optimal namun masih kalah dengan para competitor pada penayangan media cetak tabloid dan iklan televisi, dan pendistribusian belum mampu mencapai menembus penambahan outlet yang ditargetkan karena kurangnya salesman. ix Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Sejauh ini upaya yang dilakukan telah maksimal namun ada beberapa kendala, seperti halnya tidak tercapainya program ini dikarenakan untuk membuka outlet baru harus memenuhi prosedur yang ada dengan bersedianya membayar angsuran dalam jangka panjang, selain itu kepala cabang yang dimiliki dalam PT. PSG hanya ada satu untuk mengatur 6 wilayah, dan juga belum ada target pembukaan outlet per wilayah, kurangnya pembiayaan outlet, dan tidak ada reward untuk outlet dengan jumlah penjualan terbanyak. Untuk promosi juga telah dilakukan secara maksimal namun untuk piklan penayangan di televisi dan iklan melalui tabloid masih kalah dengan competitor, selain itu belum menembus outlet yang ditargetkan dikarenakan kurangnya salesman hal ini yang menyebabkan penjualan Oli Evalube menurun dikarenakan saluran distribusi belum berjalan optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9602
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository