• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILINGUAL BERBASIS METODE WHOLE BRAIN TEACHING PADA SUB POKOK BAHASAN BERBASIS METODE PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM INDERA KELAS XI IPA SMAN 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ikhwan Hakim - 080210103003 (2)_1.pdf (325.3Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Ikhwan Hakim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar (Direktorat Pembinaan SMA, 2010:27). Bahan ajar bilingual merupakan bahan ajar yang menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. SMAN 1 Jember merupakan salah satu contoh sekolah yang memiliki predikat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Bahan ajar yang digunakan menggunakan dua bahasa. Akan tetapi bahan ajar tersebut belum mampu meningkatkan motivasi dan minat siswa di dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dipilih metode Whole Brain Teaching (WBT) sebagai format di dalam bahan ajar yang di susun. Metode ini dipilih karena dapat meningkatkan motivasi serta peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran biologi, sebab metode tersebut dalam aplikasinya menggunakan teknik gesture yaitu menjelaskan materi pelajaran dengan uraian-urain pendek disertai dengan gerakan-gerakan simbolik bermakna dengan intonasi suara tertentu sehingga siswa akan merasa senang dan mudah dalam memahami materi yang diajarkan Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan bahan ajar bilingual berbasis metode WBT pada sub pokok bahasan sistem indera kelas XI IPA SMAN 1 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembahan ajar bilingual berbasis WBT. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Jember dengan pertimbangan SMA tersebut merupakan SMA RSBI dengan siswa yang aktif dan kreatif. Adapun waktu penelitian yaitu pada bulan April-Mei semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Responden penelitian yaitu kelas XI IPA 2. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi, angket dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil validasi dari validator, hasil aktifitas guru, hasil aktifitas siswa, hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan, ketuntasan hasil belajar biologi siswa, dan respon siswa. Hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa proses pengembangan ajar melalui empat tahap yang mengacu pada model 4-D (four-D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (dalam Hobri, 2010:12) yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Untuk hasil validasi bahan ajar yang dikembangkan diperoleh nilai yaitu: buku siswa sebesar 82,2% berkategori valid; LKS sebesar 84,9% berkategori valid dan Tes Hasil Belajar sebesar 84,2% berkategori valid. Untuk hasil presentase kaktifan guru diperoleh presentase sebesar 94% untuk pertemuan pertama dan kedua, sedangkan aktifitas siswa diperoleh presentase sebesar 83,4% pada pertemuan pertama dan 84,55 pada pertemuan kedua. Untuk respon siswa diperoleh nilai >75% siswa senang dengan bahan ajar dan untuk ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh secara klasikal yaitu 82,2%. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar bilingual berbasis Whole Brain Teaching dapat dikatakan sudah baik dan efektif ketika diterapkan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9586
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository