• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Asih Ika Trisnawati - 080210193041 (2)_1.pdf (1.267Mb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Asih Ika Trisnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah tingkat kompetisi dan relevansinya. Hal ini diperkuat dengan laporan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bidang pendidikan, United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2011 menunjukkan bahwa peringkat Indonesia dalam hal pendidikan turun dari 65 menjadi 69 diantara 127 negara di dunia (Kompas, 3/3/2011)[serial online]. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun dan dikembangkan berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. KTSP pada dasarnya merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi. Seiring dengan pengembangan filsafat konstruktivisme muncul pemikiran kritis dalam merenovasi pembelajaran yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Pembelajaran di kelas dewasa ini telah mengalami pergeseran orientasi yang lebih diutamakan untuk menggali potensi peserta didik, sehingga menimbulkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilannya (psikomotor). Paradigma pembelajaran tersebut dikenal dengan istilah Lesson Study (LS). Menurut Nurbaity, dkk (2011) memberikan rumusan tentang LS sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Pelaksanaan pembelajaran LS ini, akan lebih baik dan bermanfaat apabila dalam proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kooperatif yang menyenangkan dan mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Strategi pembelajaran kooperatif yang sangat menarik adalah tipe Team Assisted Individualization (TAI), karena memiliki keunggulan yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara individu terlebih dahulu hasil belajar siswa secara individu dibawa kekelompok untuk didiskusikan dan dibahas bersama anggota kelompok yang lain (Suyadi dan Wardani, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran TAI berbasis lesson study dan mengetahui tingkat efektivitas penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran TAI berbasis lesson study terhadap Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2011/2012). Metode penelitian diawali dengan penentuan responden menggunakan random sampling, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Desain penelitian adalah quasi eksperimen yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan analisis kovarian dengan bantuan program SPSS for Windows versi 17.0 serta hitungan secara manual. Hasil penelitian ini menujukkan penilaian (kognitif p = 0,001; afektif p = 0,000; psikomotor p = 0,000), dengan tingkat keefektivitasan pada ranah kognitif mencapai sebesar 29,22%, ranah afektif sebesar 10,2%, dan ranah psikomotor sebesar 13%. Kesimpulannya bahwa penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran TAI berbasis lesson study terhadap hasil belajar siswa berpengaruh signifikan. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah melakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan LKS dalam strategi pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis lesson study terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9569
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository