Show simple item record

dc.contributor.authorAnita Yuliana
dc.date.accessioned2013-12-17T12:26:14Z
dc.date.available2013-12-17T12:26:14Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM060210193025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9566
dc.description.abstractSelama ini pembelajaran biologi lebih banyak berpusat pada guru sehingga tidak mendorong kreativitas siswa. Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat kecil. Ini yang menyebabkan siswa tidak dapat berpikir, sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran biologi. Akibat dari sikap siswa tersebut, maka dapat dipastikan hasil belajarnya kurang memuaskan, dalam arti tidak memenuhi batas tuntas yang ditetapkan sekolah. Disisi lain guru biologi jarang menggunakan Metode praktikum terutama pada pokok bahasan sistem gerak, sehingga motivasi siswa berkurang. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajaran yang disajikan kurang menarik sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar dan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA-Biologi menggunakan metode talking stick dan praktikum di kelas VIII B SMP Negeri 2 Asembagus Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan metode talking stick dan praktikum dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar dalam penerapan metode talking stick dan praktikum pada siswa kelas VIII B semester Gasal 2011-2012 di SMP Negeri 2 Asembagus dalam aspek kognitif dari siklus I sampai dengan siklus II dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 72,87 pada siklus II sebesar 80,21 dengan besar peningkatan 7,41% untuk ketuntasannya mengalami kenaikan 14,9 % dari siklus I sebesar 76% pada siklus II sebesar 90,9%. Untuk nilai afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 74,6 dengan nilai ketuntasan 67% pada siklus II menjadi 75,60 dan ketuntasan 75,8%. Mengalami peningkatan sebesar 1% dan ketuntasan sebesar 8,8%. Sedangkan untuk nilai psikomotorik dari siklus I sebesar 78 dengan ketuntasan 76% pada siklus II menjadi 80,17 dengan ketuntasan 90,9% mengalami peningkatan sebesar 2,17% dan ketuntasan sebesar 14,9%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan Motivasi dalam penerapan metode talking stick dan praktikum pada siswa kelas VIII B semester Gasal 20112012 di SMP Negeri 2 Asembagus. Dalam aspek Attitude mengalami kenaikan sebesar 0,97 dengan rata-rata siklus I sebesar 23,69 pada siklus II sebesar 24,66. Untuk aspek Relevance mengalami peningkatan 0,2 yaitu dari siklus I sebesar 21,51 pada siklus II sebesar 21,7. Aspek Confidence mengalami peningkatan sebesar 0,49 yaitu pada siklus I sebesar 21,90 dan pada siklus II sebesar 22,39, dan untuk aspek Satisfaction mengalami peningkatan sebesar 2,57 yaitu dari siklus I sebesar 24,21 pada siklus II sebesar 26,78. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode talking stick dan praktikum. Kelas dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar klasikal. Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini mengharapkan guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193025;
dc.subjectMetode Talking Stick, Praktikum, Motivasi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE TALKING STICK DAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ASEMBAGUS SITUBONDO (Tahun Pelajaran 2011/2012 Semester Gasal)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record