• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR SISWA KELAS IV SDN JOMBANG 03

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi jadi_1.pdf (153.8Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    LULUK FIDIASIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada 21 Mei 2011 dan 24 Mei 2011. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kegiatan bercerita siswa serta aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media buku bergambar sangat membantu siswa dalam kegiatan bercerita. Dengan media buku bergambar siswa dapat mengungkapkan ide dan gagasannya dengan mengamati gambar yang terdapat di dalam media tersebut dan kemudian dituangkan dalam sebuah cerita. Data hasil observasi siklus I yang diperoleh yaitu persentase kemampuan bercerita siswa mencapai 63 %. Kurangnya persentase kemampuan bercerita siswa, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku bergambar belum dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Dengan adanya perbaikan pada siklus II, buku bergambar bisa dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Data yang diperoleh dari observasi siklus II yaitu persentase kemampuan bercerita siswa mencapai 84 %. Jumlah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa, dengan 2 siswa yang mendapatkan nilai bercerita di bawah SKM dan 20 siswa lainya mendapat nilai di atas SKM. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa karena dengan media gambar siswa dapat dengan mudah mengungkapkan ide dan gagasannya untuk dapat dituangkan dalam sebuah cerita. Selain itu siswa lebih aktif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta nilai kemampuan berbicara siswa khususnya bercerita sudah meningkat. Disarankan kepada guru kelas IV, agar dapat menggunakan media buku bergambar dalam pembelajaran bercerita siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9497
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository