• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA DALAM MENEMUKAN GAGASAN UTAMA CERITA PENDEK SISWA KELAS 4 SDN KEPATIHAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi_1.pdf (866.6Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Ihwan Riskya Putra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sesuai dengan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Untuk mengetahui proses penerapan kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012.(2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (3) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 Untuk menjawab rumusan masalah tersebut diperlukan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember yang berjumlah 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan Aktivitas belajar siswa membaca cepat dan menemukan gagasan utama sebuah cerpen dengan menerapkan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas 4 SDN Kepatihan 3 Jember tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan adanya peningkatan Pada siklus I, Persentase aktivitas siswa sebesar 71% dalam kategori baik sedangkan aktivitas siswa berdasarkan pada siklus II, Persentase aktivitas siswa sebesar 90% dalam kategori sangat baik Hasil belajar Pada siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 23 siswa atau 60% siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I .nilai rata-rata secara klasikal 73.Pada siklus II, hasil belajar siswa yang tergolong tuntas berjumlah 33 siswa atau sebesar 77 % yang tuntas secara klasikal pada siklus II dengan nilai ratarata secara klasikal sebesar 83
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9434
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository