• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL KALIMAT KONSEP DAN BANTUAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEJARAKAN KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (817.3Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    HOLILI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Pejarakan Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Desain dari penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral, dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dengan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Model kalimat konsep dan komik pendidikan mampu membantu siswa menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan, kesesuaian dengan tema, dan pengembangan cerita. Meskipun ada beberapa siswa yang masih memerlukan bimbingan lebih, akan tetapi pembelajaran menulis cerita dengan model kalimat konsep dan media komik berjalan dengan baik. Hal ini terlihat pada tahap prasiklus nilai rerata siswa 54,64 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 9 orang (32,1 %). Pada siklus I setelah diterapkan model kalimat konsep dan media komik pendidikan dalam menulis cerita terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rerata siswa 63,03 dan siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 17 orang (60,7%). Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya, yaitu nilai rerata siswa 69,24 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 24 siswa (85,73%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan siswa merasa senang setelah pembelajaran menggunakan model kalimat konsep dan media komik pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9428
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository