• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEKNIK POLAMATIKA DENGAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SDN KERTOSARI 01 PAKUSARI-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (201.3Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Eva Lina Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Polamatika adalah cara berhitung yang menggunakan alat bantu yang dinamakan kolom polamatika. Kelebihan dari polamatika adalah penggunaan pola bilangan tanpa menggunakan cara simpan seperti pada perkalian bersusun. Pembelajaran polamatika pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan teknik polamatika yaitu dari 14 orang siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 17 orang siswa dari 40 orang siswa, jumlah siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Melihat hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1, maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 peningkatan hasil belajar yang dialami siswa dari siklus 1, yaitu dari 17 orang siswa menjadi 35 orang siswa dari jumlah siswa seluruhnya 40 orang siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran berupa permainan kartu dan teknik polamatika yang diaplikasikan dalam pembelajaran, sehingga dapat memotivasi kemauan belajar siswa sebagai satu pembelajaran yang baru dan menyenangkan. Berdasarkan analisis data pada aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15% yaitu pada siklus 1 mencapai 77,5% dan pada siklus 2 mencapai 92,5%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 45%. Yaitu dari siklus 1 mencapai 42,5% dan pada siklus 2 mencapai 87,5%, dengan hasil yang dicapai maka dapat danyatakan tuntas, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Kertosari 01 melalui penerapan teknik polamatika dengan media kartu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9406
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository