Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Trust Melalui Kepuasan Konsumen Di Hotel Aston Jember
Abstract
Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin pesat, baik perusahaan yang
menawarkan produk berupa jasa maupun barang. Seiring dengan meningkatnya
kesejahteraan masyarakat, menyebabkan konsumsi produk-produk utamanya
produk jasa semakin dibutuhkan. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan
rasa nyaman semakin meningkat. Pelaku bisnis dan para investor tertarik untuk
terjun di dalam menciptakan perusahaan yang menawarkan di bidang jasa.
Hotel Aston Jember merupakan salah satu hotel berbindang empat di
kawasan Jember yang berusaha memberikan layanan berkualitas melalui fasilitasfasilitas yang diberikan. Dipandang dari letak hotel Aston Jember sangatlah
strategis sekali karena berada dekat pusat kota dan perbelanjaan, perkantoran serta
transportasi. Hotel ini menyediakan fasilitas penginapan yang lengkap dan di
desain modern dengan beberapa tipe kamar hotel yang terdiri dari Standard Room,
Superior Room, Deluxe Room, dan Suite Room yang masing-masing berkapasitas
dua orang dewasa dengan total 147 kamar. Hotel Aston Jember Masing-masing
kamar memiliki fasilitas AC, TV kabel, lemari, kursi, brankas, kamar mandi,
toilet, ruang keluarga terpisah dan perlengkapan mandi gratis. Selain itu terdapat
kolam renang outdoor, pusat bisnis, coffe shop, meeting room & conventional
Hall, Fitness center, Spa & message, dan restoran.
Berdasarkan fenomena yang terjadi terkait dengan brand experience yang
ada di Hotel Aston Jember menunjukkan masih banyak permasalahanpermasalahan yang berhubungan dengan sensorik, afektif, intelektual dan perilaku
yang berhubungan dengan kepuasan konsumen nantinya. Brand experience adalah
faktor yang mempengaruhi penciptaan kepuasan konsumen. Pengalaman yang
mampu memberikan kesan yang berarti bagi konsumen akan lebih mudah
mendapat perhatian khusus dari konsumen. Persaingan yang semakin ketat
mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk
mempertahankan kepuasan konsumen. Agar dapat survive dalam lingkungan
bisnisnya, salah satunya dengan menguatkan brand experience dan membangun,
memelihara, serta mempertahankan kepuasan konsumen sehingga tercipta brand
trust kepada konsumen.