Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)
Abstract
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatori (explanatory research), yaitu suatu jenis penelitian yang melihat hubungan kausal dari kemungkinan adanya hubungan sebab-akibat antara variabel yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan tahunan perusahaan yang tersedia pada laman resmi Bursa Efek Indonesia, yakni pada sektor industri barang konsumsi yang telah terpilih sejumlah 11 perusahaan yang menjadi sampel penelitian melalui metode purposive sampling. Price Book Value (PBV) digunakan sebagai rasio untuk menghitung nilai perusahaan dari variabel dependen, sedangkan pada variabel independen digunakan Dividend Payout Ratio (DPR) untuk menghitung kebijakan dividen, Price Earning Ratio (PER) untuk menghitung keputusan investasi, log natural dari total aset untuk menghitung ukuran perusahaan, serta perbandingan jumlah saham manajerial dengan total saham yang beredar untuk menghitung kepemilikan manajerial. Keseluruhan data yang diperoleh dari masing-masing perhitungan variabel penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen dan keputusan investasi terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terbukti memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Adapun implikasi bagi perusahaan dari penelitian adalah perusahaan harus lebih memperhatikan segala aktivitas pengelolaan dan pengalokasian dana, terutama jika itu berkaitan dengan pengambilan keputusan investasi. Investasi yang sifatnya jangka panjang membuat perusahaan harus melakukan pertimbangan dan memilih keputusan yang tepat agar perusahaan tidak mengalami kerugian di masa yang akan datang.