Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14 pada mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model 4D
Abstract
Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang
menunjang pembelajaran yang lebih menekankan pada nilai-nilai kebangsaan,
moral dan pembentukan karakter yang berorientasi pada kurikulum 2013. Namun
mata pelajaran sejarah selama ini kurang diminati oleh peserta didik pada
umumnya dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari menurut masyarakat.
Persoalan yang sering ditemui pada pembelajaran sejarah adalah adanya image
yang sangat kuat dikalangan siswa bahwa mata pelajaran sejarah adalah mata
pelajaran yang bersifat hafalan, kurang menarik, dan membosankan. Dengan
demikian pendidik diharuskan mampu mengemas seluruh materi sejarah yang
sangat luas menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami. Hal tersebut dapat diatasi
melalui pengembangan media pembelajaran yang lebih bervariasi.
Solusi yang dapat diberikan adalah mengembangkan media pembelajaran
berupa mindmap menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14 yang
tervalidasi dan diuji keefektifannya, sehingga rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terkait pengembangan media
pembelajaran menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14?, (2) Apakah
media pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Mindmanager 14 dapat
meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah?. Kemudian tujuan dari penelitian
ini diantaranya: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi
“masuk dan berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu Buddha di
Indonesia” yang dinyatakan valid dan layak, (2) pengembangan media
pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Mindmanager 14 diharapkan mampu
membuat proses pembelajaran sejarah lebih efektif dan meningkatkan pemahaman
peserta didik terhadap materi sejarah.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) yang menggunakan model 4D sebagai alur tahapan penelitian.
Terdapat empat tahapan dalam model 4D yaitu define (pendefinisian), design
(pendesainan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran).
Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik, diantaranya; (1)
wawancara, (2) angket, dan (3) dokumentasi. Subjek penelitian ini melibatkan 1
orang pendidik mata pelajaran sejarah dan peserta didik sebanyak 29 orang di
kelas X SMAN Rambipuji. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran mindmap menggunakan
aplikasi Mindjet Mindmanager 14 kemudian divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli isi
bidang studi dengan nilai 78% yang masuk kategori “baik”, ahli media dan desain
dengan nilai 92% yang masuk pada kategori “sangat baik”, dan ahli bahasa
dengan nilai 94% yang masuk pada kategori “sangat baik”. Setelah dinyatakan
layak, produk diuji coba pada pengguna. Pada uji coba perorangan yang dilakukan
kepada pendidik mendapatkan nilai 84%, selanjutnya dilakukan uji coba
kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba menggunakan soal pretest
dan posttest dengan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 9 peserta
didik telah mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 27,44. Uji coba kelompok
besar yang dilakukan oleh peserta didik telah mampu meningkatkan hasil belajar
sebesar 30,62. Uji efektivitas menggunakan rumus gain score didapatkan nilai
0,8 yang masuk ke dalam kategori tinggi.
Dari hasil yang telah dipaparkan diatas, dapat diambil kesimpulan: (1)
media pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Minmanager 14 telah
tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah
kelas X Sekolah Menengah Atas, dan (2) media pembelajaran menggunakan
aplikasi Mindjet Mindmanager 14 efektif meningkatkan pemahaman peserta didik
terhadap materi sejarah.