Pendampingan Keluarga dan Penderita Sumbing Bibir dan Langit-langit terhadap Penatalaksanaan Operasi Menggunakan Strategi Social Marketing Volunteer
Date
2019-10-07Author
Elfiah, Ulfa
Arif, Arif
Kushariyadi, Kushariyadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendampingan keluarga dan penderita sumbing bibir dan langit-langit
terhadap penatalaksanaan operasi masih belum optimal khususnya di wilayah
Jember. Hal ini disebabkan sebelum tahun 2014, belum ada rumah sakit yang
bergerak dalam penanganan sumbing bibir dan langit-langit berkonsep sosial dan
bermitra dengan pendamping pemberdayaan masyarakat. Adanya strategi social
marketing volunteer, sebuah strategi yang terbukti memberikan implikasi positif pada
penanganan bibir sumbing dan langit-langit, memberikan dampak komunikasi efektif
secara langsung antara pendampingan dengan penderita dan keluarganya.
Peningkatan proses pemahaman ini akan memudahkan tenaga medis dalam
memberikan layanan bidang kesehatan sehingga penderita dapat ditangani secara
cepat dan holistik yang pada akhirnya dapat menurunkan angka morbiditas bahkan
angka mortalitas di wilayah agroindustri Kabupaten Jember. Tujuan dari pengabdian
masyarakat ini yaitu untuk mengaplikasikan strategi social marketing volunteer
dalam proses pendampingan keluarga dan penderita sumbing bibir dan langit-langit
dalam rangka mempercepat penatalaksanaan tindakan operasi. Dalam pengabdian
masyarakat ini kami melakukan kegiatan yang terdiri dari: 1) tahap pre-hospitalisasi;
2) tahap hospitalisasi; 3) tahap pasca hospitalisasi. Hasil kegiatan pendampingan
keluarga dan penderita sumbing bibir dan langit-langit terhadap penatalaksanaan
operasi menggunakan strategi social marketing volunteer sangat efesien.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]