Etnomatematika Pola Tarian Jejer Jaran Dawuk Sebagai Inspirasi Pengembangan Paket Tes Geometri
Abstract
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit untuk
dipahami siswa, dan dianggap kurang memiliki peran dalam kehidupan. Hal ini
mendorong para pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran yang
menyenangkan dalam belajar matematika. Salah satu pendekatan yang yang dapat
digunakan adalah metode dengan pendekatan budaya. Etnomatematika adalah salah
satu pendekatan yang dapat menghubungkan antara matematika dan budaya. Salah
satu media pembelajaran berbasis etnomatematika yang dapat digunakan adalah
kebudayaan dalam hal tarian. Tarian yang memiliki unsur matematika dapat
dijadikan sebagai objek dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada tarian
Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi sebagai bahan pembelajaran matematika dalam
bentuk paket soal tes geometri. Tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi merupakan
tarian khas Banyuwangi yang selalu dipertunjukan di berabagi acara. Tarian ini
sudah banyak di kenal dikalangan nasional ataupun internasional. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi dan wawancara dengan 3 subjek yakni budayawan,guru tari dan
penari Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa setiap aktivitas yang
dilakukan oleh penari Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi memiliki unsur-unsur
matematika. Unsur-unsur tersebut adalah menghitung, mengukur, dan mendesain.
Aktivitas menghitung ada pada saat penari menentukan waktu memulai tarian
dengan memperhitungkan ketukan musik dan juga ketukan gerakannya. Aktivitas
mengitung juga muncul disaat penari melakukan pergantian gerakan disetiap
gerakan yang ada pada tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi tersebut. aktivitas
mengukur ada pada saat penari menyesuaikan jarak antar penari dengan cara
merentangkan tangan atau biasa di sebut depo yakni satu kali rentangkan tangan,
teknik pengukuran ini merupakan pengukuran tidak standar. Aktivitas mendesain
terjadi pada saat penari melakukan gerakan tarian dan juga pola lantai yang
digunakan saat melakukan tarian tersebut.
Bahan pembelajaran yang di dapat dalam penelitian ini berupa paket tes soal
geometri pada materi bangun datar untuk SMP. Bentuk soal yang dibuat adalah
menentukan keliling dan luas pola lantai dari pergerakan tarian yang dibentuk oleh
penari Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi.