Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember
Abstract
Perkembangan zaman yang ketat akan persaingan, perusahaan harus
mampu mengenali apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen untuk
saat ini dan untuk yang akan datang. Saat ini banyak bermunculan klinik
kecantikan yang menawarkan berbagai jasa dan produk kecantikan, karena
didorong oleh semakin banyaknya kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal
perawatan kecantikan.
Jember merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang memiliki
perkembangan ekonomi yang bagus. Oleh karena itu para enterpreneur melihat
Jember merupakan kota yang mempunyai potensi pasar yang menjanjikan untuk
mendapatkan pangsa pasar yang semakin luas, sehingga terdapat industri yang
bergerak dibidang barang maupun jasa dikota Jember. Salah satu klinik
kecantikan terbaik di Indonesia yang membuka cabang dikota Jember adalah
Larissa Aesthetic Center.
Larissa Aesthetic Center cabang Jember merupakan salah satu klinik
kecantikan yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perawatan
kecantikannya yang mengusung konsep “ Natural Ingredient with Technology”
yang merupakan cabang ke 19 dari 36 cabang. Perawatan jasa dan produk yang
ditawarkan Larissa Aesthetic Center cabang Jember menggunakan bahan-bahan
alami, yang dalam pemasarannya memiliki tantangan tersendiri untuk
memperkenalkan perawatan dan produknya kepada masyarakat karena
membutuhkan waktu yang relatif lama dalam menghasilkan hasil yang maksimal.
Oleh karena itu Larissa Aesthetic Center cabang Jember mengembangkan
keunggulan bersaing dengan melakukan strategi Segmenting, penargetan pasar
(targeting), dan memposisikan (Positioning) perusahaan dengan tepat dibenak
konsumen, sehingga sampai saat ini jumlah kunjungan Larissa Aesthetic Center
cabang Jember dari tahun ke tahun rata-rata mengalami kenaikan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Segmenting, Targeting,
dan Positioning Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Subjek penelitian ini
adalah Branch Manager Larissa Aesthetic Center cabang Jember sebagai informan
utama yang memiliki wewenang dalam menentukan strategi STP, dan untuk
informan tambahannya adalah Customer Service dan konsumen. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi,
dan metode dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan
bahwa Larissa Aesthetic Center cabang Jember memiliki kriteria dalam
menentukan segmentasi pasar untuk produk dan pelayanan jasa, yaitu
menggunakan beberapa dasar antara lain: variabel segmentasi geografis yaitu
dalam pemasarannya tidak hanya menyebar di daerah Jember melainkan
menyasar di wilayah tapal kuda seperti Jember, Bondowoso, dan Lumajang.
Segmentasi demografisnya meliputi PNS, karyawan swasta, mahasiswa, ibu- ibu
muda, usia (17-60 tahun), melayani perempuan dan laki-laki yang berpendapatan
sedang dan menengah kebawah. Segmen yang dipilih untuk dijadikan target pasar
adalah mahasiswa, ibu-ibu muda, dan kalangan swasta karena Larissa
menganggap target utama tersebut memiliki tingkat pertumbuhan penjualan yang
tinggi karena harga yang ditawarkan masih mudah untuk dijangkau bagi kalangan
mahasiswa. Untuk penetapan target pasarnya menggunakan strategi penetapan
majemuk (Multisegment Targeting Strategy) yaitu perusahaan menganut sistem
pemasaran majemuk, dimana Larissa Aesthetic Center cabang Jember
menciptakan beberapa jenis perawatan dan produk berbeda yang dapat memenuhi
keinginan dan kebutuhan semua konsumen. Larissa Aesthetic Center cabang
Jember melakukan Positioning dengan cara menempatkan citra merek dibenak
konsumen dengan memberikan manfaat kesehatan bagi kulit, memberikan
kualitas pelayanan yang baik dan menetapkan harga sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen.