Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Tas Ransel Merek Rei (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas jember).
Abstract
Perkembangan industri fashion di Indonesia terus menerus mengalami
pertumbuhan dari tahun ke tahun, hal ini membuka peluang yang besar dalam
industri fashion dalam skala kecil hingga besar. Dampak dari perkembangan
tersebut perusahaan dituntut untuk merancang strategi supaya dapat bersaing dan
mempertahankan produk atau jasa yang diinginkan konsumen, untuk perusahaan
fashion citra merek, kualitas produk, harga yang baik bisa menjadi strategi
perusahaan dalam memasarkan produknya. Citra merek, kualitas produk dan
harga yang baik dapat menciptakan kepuasan konsumen. kepuasan konsumen
timbul setelah merasakan produk atau jasa yang diberikan kepada konsumen.
kepuasan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan hasil yang
dirasakan dengan harapannya. Citra merek adalah persepsi dan kepercayaan yang
dipegang oleh konsumen yang selalu diingat pertama kali saat mendengar slogan
yang tertanam di benak konsumennya. Kualitas produk adalah keseluruhan ciri
serta dari suatu produk atau pelayanan pada kemampuan untuk memuaskan
kebutuhan konsumen. Harga adalah jumlah nilai yang ditukarkan oleh konsumen
untuk mendapatkan keuntungan dari yang memiliki suatu produk atau jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh citra merek, kualitas
produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen produk tas ransel merek Rei
(studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember). Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jenis penelitian ini
adalah confirmatory research. Data primer diperoleh dari hasil jawaban kuesioner
pada 104 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik non probablity
sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural
Equation Modelling (SEM).
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan maka dapat diambil
beberapa kesimpulan yaitu citra merek, kualitas produk, dan harga berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen produk tas ransel merek Rei pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.