Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Pemilihan Kata pada Penulisan Karangan Pendek Bahasa Using Siswa Kelas IV SDN 4 Songgon Banyuwangi
Abstract
Bahasa Using merupakan bahasa khas yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Banyuwangi, tetapi tidak semua masyarakat Banyuwangi bisa berbahasa Using, karena penyebaran Bahasa Using belum maksimal di seluruh daerah di Banyuwangi. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV di SDN 4 Songgon Banyuwangi mengenai pembelajaran bahasa Using, diperoleh informasi bahwa ada permasalahan yang terjadi dalam penggunaan ejaan dan pemilihan kata pada penulisan karangan pendek bahasa Using dikarenakan bahasa yang biasa digunakan siswa sehari-hari mayoritas menggunakan bahasa Madura, sehingga siswa kesulitan dalam memahami arti dan mengungkapkan jawabannya menggunakan bahasa Using.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk dan apa sajakah faktor penyebab kesalahan ejaan dan pemilihan kata dalam penulisan karangan pendek Bahasa Using siswa kelas IV di SDN 4 Songgon Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan memperbaiki bentuk serta mendeskripsikan penyebab kesalahan ejaan dan pemilihan kata dalam penulisan karangan pendek Bahasa Using siswa kelas IV di SDN 4 Songgon Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian dilaksanakan di SDN 4 Songgon Banyuwangi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan terdiri atas: (1) kesalahan huruf kapital; (2) kesalahan penggunaan tanda baca yang meliputi penggunaan titik (.), tanda koma (,), dan tanda titik dua (:); dan (3) kesalahan penulisan kata meliputi penulisan kata turunan (berimbuhan), kata depan, bentuk ulang, dan pemenggalan kata. Kesalahan pemilihan kata terdiri atas kesalahan penggunaan kata yang digunakan dalam bahasa Using. Faktor-faktor penyebab penggunaan ejaan dan pemilihan kata dalam menulis karangan pendek bahasa Using siswa antara lain kesalahan (errors) dan kekeliruan (mistake).
Kemampuan siswa menulis karangan pendek bahasa Using dalam hal penggunaan ejaan terdiri dari penggunaan huruf kapital yang tergolong dalam kategori kesalahan tinggi dengan perolehan persentase sebesar 79,74%, untuk penggunaan tanda baca tergolong dalam kategori kesalahan sedang dengan perolehan persentase sebesar 45% dan penulisan kata tergolong dalam kategori kesalahan rendah dengan perolehan persentase sebesar 23,97%. Kemampuan siswa menulis karangan pendek bahasa Using dalam hal pemilihan kata tergolong dalam kategori kesalahan sedang dengan perolehan persentase sebesar 67,2%.
Adapun saran dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagi siswa perlu dilakukan pembiasaan menulis kosakata bahasa Using dapat membantu siswa mengurangi kesalahan yang dilakukan; (2) bagi guru kelas seharusnya mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa siswa, dengan demikian guru dapat mengurangi kesalahan yang terjadi pada tulisan siswa.; (3) bagi pihak sekolah, perlu membuat tata tertib untuk semua warga sekolah supaya beberapa waktu diadakan pembiasaan menggunakan bahasa Using yang baik dan benar; dan (4) bagi peneliti lain, kesalahan berbahasa memberikan gambaran yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi dan mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas.