Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Warung Bakso Kabut Bu Juhairiyah Jember
Abstract
Bidang kuliner kini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan karena masyarakat tidak akan pernah berhenti untuk mengkonsumsi makanan khususnya mahasiswa. Kuliner nampaknya saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya, tak heran jika banyak warung makanan yang dapat kita temukan dimana saja, salah satunya adalah Warung Bakso Kabut Bu Juhairiyah Jember yang merupakan salah satu warung bakso yang cukup terkenal di jember. Warung Bakso Kabut Bu Juhairiyah Jember merupakan warung bakso pertama yang membuat dan menyediakan menu bakso kabut yaitu bakso yang diselimuti oleh telur. Warung Bakso Kabut Bu Juhairiyah Jember merupakan warung bakso yang mampu untuk bersaing karena lokasi yang cukup strategis, layanan yang diberikan cukup baik dan harga produk yang relatif lebih murah dibanding pesaingnya serta manfaat yang didapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah lokasi, kualitas layanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Warung Bakso Kabut Bu Juhairiyah Jember. Penelitian ini akan dilakukan di Jember dan berjalan selama kurang lebih 1 bulan. Penelitian ini adalah explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Warung Bakso Kabut Bu Juhairiyah Jember. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 112 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis pertama H1 menunjukan bahwa Lokasi berpengaruh terhadap terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,029. Hubungan yang ditunjukan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik Lokasi maka Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H1 diterima). 2) Hasil analisis regresi berganda pada pada Uji t terhadap hipotesis kedua H2 menunjukan bahwa Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,000. Hubungan yang ditunjukan oleh koefisien regresi adalah adalah positif artinya semakin baik Kualitas Layanan maka Kepuasan Konsumen akan meningkat (H2 diterima). Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis ketiga H3 menunjukan bahwa Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,000. Hubungan yang ditunjukan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik Harga maka Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H3 diterima). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa 1) Lokasi berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. 2) Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. 3) Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.