Pengaruh Suaian Single Row Deep Groove Ball Bearing Terhadap Rolling Resistance
Abstract
Kendaraan bermotor (vehicle) adalah kendaraan yang digerakkan oleh
peralatan mekanik. Pada umumnya kendaraan bermotor menggunakan mesin
pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), namun motor listrik dengan
sumber tenaga listrik atau hybrid juga mulai banyak dikembangkan dan mulai
digunakan saat ini seperti mobil dan sepeda motor listrik. Efisiensi pada
kendaraan dipengaruhi oleh tiga faktor diantaranya: berat kendaraan (weight),
hambatan gelinding (rolling resistance), dan hambatan aerodinamis (aerodynamic
resistance). Faktor lain yang mempengaruhi yaitu mesin kendaraan, system
transmisi, ban, dan bearing. Rolling resistance adalah tahanan terhadap roda yang
akan dan telah menggelinding akibat adanya gaya gesekan antara roda dengan
permukaan jalannya roda. Pada dasarnya, rolling resistance adalah momen yang
digunakan roda untuk melawan arah gerakan, setara dengan gaya yang dibutuhkan
untuk menggerakkan roda bergerak maju.
Bantalan adalah sebuah elemen mesin yang berfungsi untuk menopang
poros dalam kondisi berputar dan mempunyai beban. Selain untuk menumpu
menopang sebuah poros, bantalan juga memiliki fungsi untuk menahan poros
mengalami gesekan yang berlebih. Setelah mengamati dan mempelajari
penelitian-penelitian sebelumnya, maka dapat diketahui bahwa banyak faktor
yang mempengaruhi rolling resistance salah satunya adalah bearing. Untuk
mengetahui nilai rolling resistance penelitian ini menggunakan alat uji rolling
resistance. Dalam penelitian ini difokuskan pada nilai rolling resistance. Variasi
yang digunakan adalah variasi suaian C3 dan suaian C4 dengan kecepatan putar
290 rpm, 310rpm, dan 330 rpm serta diberikan beban 165 N, 175 N, dan 200 N.
Untuk mengukur kecepatan putarnya digunakan tachometer dan untuk mengukur
bebannya digunakan timbangan digital.Dari hasil pengujian yang memiliki nilai rolling resistance paling baik
adalah bearing 6301 ZZ C4 yaitu sebesar 0,93 N pada kecepatan 290 rpm dan
beban 200 N, sedangkan pada bearing 6301 ZZ C3 dengan kecepatan dan beban
yang sama didapatkan nilai rolling resistance sebesar 1,15 N. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa semakin besar suaian maka semakin kecil nilai rolling
resistance, karena suaian yang besar akan menghasilkan momen inersia yang
besar. Dari kesimpulan tersebut dapat diketahui bahwa suaian mempunyai
pengaruh terhadap nilai rolling resistance.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]