Analisis Kegiatan Computer For Kids Terhadap Perkembangan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B2 di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Kegiatan Computer for Kids di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten
Jember adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di TK Pertiwi.
kegiatan Computer for Kids ini digunakan sebagai salah satu upaya memeberikan
fasilitas terhadap pengetahuan dan perkembangan anak. Kegiatan Computer for
Kids merupakan wadah bagi anak untuk mengaplikasikan dari pembelajaran yang
sudah diterima di kelas, selain itu dapat mengembangkan beberapa aspek
perkembangan anak termasuk aspek kognitif pada perkembangan konsep
bilangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah kegiatan
Computer for Kids dalam mengembangkan konsep bilangan anak usia dini pada
kelompok B2 di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2018/2019? Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan Kegiatan Computer For Kids dalam mengembangkan konsep
bilangan anak Kelompok B2 di TK Pertiwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten
Jember Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu
pengumpulan data selama 2 minggu. Sumber data yang diperoleh dari informan
kunci yaitu anak kelompok B2 usia 5-6 tahun dan 1 guru kegiatan Computer for
Kids, sedangkan sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yaitu
kepala sekolah TK Pertiwi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi
dengan alat bantu check list, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kegiatan Computer for Kids di kelas B2 merupakan kegiatan tambahan
untuk mengasah kemampuan konsep bilangan yang sudah dikuasai anak di kelas,
1) menggunakan metode modeling dan didukung metode demonstrasi dan latihan .
2) mengembangkan perkembangan konsep bilangan anak, 3) penyampaian materi
menggunakan metode demonstrasi dengan media komputer yang dapat menarik
perhatian anak yang menggunakan aplikasi angka seri binatang yang dilengkapi
dengan animasi gambar bergerak, dan audio. Jadi dalam menggunakan media
pembelajaran komputer agar anak tidak akan merasa bosan karena beragam
animasi grafik. Pada pelaksanaan kegiatan ini dapat dilihat perkembangan konsep
bilangan anak yaitu membilang (menyebutkan) urutan bilangan 1-20, membilang
(mengenal) konsep bilangan dengan benda-benda 1-20, mengurutkan bilangan
dengan dengan benda 1-10 dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda
1-10.
Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan Computer for Kids adalah kegiatan
tambahan dalam pembelajaran konsep bilangan yang dipengaruhi oleh peran guru
dan menggunakan aplikasi angka seri binatang, aplikasi jejak angka dan aplikasi
angka berhitung dalam mengenalkan konsep bilangan. Metode pembelajaran
yang digunakan di kegiatan Computer for Kids yang utama yaitu metode
modeling dan didukung metode demonstrasi. Metode modeling yang
dilaksanakan guru terlaksanakan secara optimal karena guru memberikan
penguatan dan motivasi. Kegiatan Computer for Kids dapat menstimulus
perkembangan konsep bilangan anak.