• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Bersaing Pada Industri Kecil Nurani Handicraft di Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Nimas Kinanti Wisudaningsih-140910202025_.pdf (2.725Mb)
    Date
    2019-08-21
    Author
    WISUDANINGSIH, Nimas Kinanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Industri kecil Nurani Handicraft merupakan salah satu usaha industri yang bergerak dibidang kerajinan tangan yang menghasilkan aksesoris seperti gelang, kalung, gelang kaki, bando dll. Industri ini telah berdiri sejak tahun 1988 hingga sampai saat ini. Proses produksi Nurani Handicraft bertempat di Kalisat Jember, sedangkan proses penjualannya bertempat di Pulau Bali. Konsumen yang dilayani tidak hanya konsumen lokal, akan tetapi konsumen mancanegara juga dilayaninya. Industri ini merupakan usaha tunggal karena dalam proses produksinya menggunakan sumber daya sendiri serta modal yang digunakan milik sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi bersaing pada Industri Kecil Nurani Handicraft di Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis data domain taksonomi. Peneliti dalam melakukan keabsahan data dengan melakukan wawancara dari berbagai sumber yang telah menguasai topik yang dibutuhkan dalam pembahasan. Selaain itu dalam menguji apakah data yang diperoleh sudah objektif juga akan dilakukan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan oleh Nurani Handicraft beraneka ragam desain dan juga menggunakan strategi fokus persaingan harga serta melayani konsumen pedagang grosir. Maka dengan menggunakan strategi-strategi tersebut Nurani Handicraft mampu menyaingi para kompetitor lainnya yang ada dipasaran. Konsumen menyukai produk yang murah dan memiliki banyak macam desain pilihannya. Dengan begitu target pasar dengan segmen mengengah kebawah merupakan sasaran dan tujuan dari Nurani Handicraft. Produk yang dihasilkan dengan kualitas standart yang masih termasuk dalam kriteria permintaan konsumen sehingga masih mampu memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91977
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5639]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository