PROSEDUR ADMINISTRASI TABUNGAN BATARA PADA PT.BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada PT. Bank
Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut :
a. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember merupakan salah satu
Bank Tabungan di Jember yang mempunyai tugas pokok untuk melakukan
perbaikan ekonomi rakyat dan pembangunan ekonomi nasional dengan jalan
menghimpun dana dari masyarakat, terutama dalam bentuk tabungan.
b. Ketentuan Umum Pembukaan Tabungan Batara
1) Calon nasabah wajib menyerahkan kartu identitas diri
2) Calon nasabah mengisi formulir pembukaan rekening nasabah
3) Nasabah wajib mengisi setoran awal
c. Prosedur Akuntansi Tabungan Batara adalah :
1) Prosedur Pembukaan Rekening Tabungan Batara
a) Customer Service
Calon nasabah menunjukkan fotokopi identitas dan mengisi formulir
pembukaan rekening nasabah (FPRN), membuat nomor rekening, slip
penabungan rangkap 2, dan input data nasabah dalam computer.
b) Teller
Menerima FPRN, SPN, uang, minta tanda tangan nasabah dalam buku
tabungan, input transaksi dalam computer, validasi BT, serahkan BT,
SPN rangkap 2 pada nasabah, serahkan SPN rangkap 1 pada bagian
Bookeping and Control dan FPRN pada bagian Retail Service.
2) Prosedur Penyetoran Tabungan Batara pertunai
Nasabah mengisi dan mendatangani slip penyetoran yang kemudian
diserahkan kebagian Teller, dan dilanjutkan dengan melakukan pemasukan
data ke computer. Setelah selesai Teller menyerahkan BT dan slip
penyetoran rangkap 2 pada nasabah dan kemudian Teller menyerahkan
slip penyetoran rangkap 1 yang ditempel di map ploeg dan daftar
75
pertanggungan Teller pada bagian Bookeping and Control melalui bagian
Retail Service.
3) Prosedur Penarikan Tabungan Batara pertunai
Teller menerima buku tabungan, slip penarikan, meminta tanda tangan
nasabah dibalik slip penarikan, dan dilanjutkan dengan melakukan
pemasukkan data ke computer, menyerahkan uang, slip penarikan pada
nasabah, kemudian Teller menyerahkan slip penarikan di temple di map
ploeg dan daftar pertanggungan Teller pada bagian Retail Service untuk
diteliti, jika benar diberi paraf kemudian diserahkan pada bagian
Bookeping and Control untuk diproses lebih lanjut.
4) Prosedur Penutupan Rekening Tabungan Batara
Customer Service menerima BT, SP dari nasabah, bubuhkan stempel
“telah ditutup” kemudian diserahkan pada Teller untuk dimasukkan di
computer, validasi untuk menutup nomor rekening, menyerahkan uang,
BT pada nasabah, menyerahkan bukti pengembilan pada Kepala Seksi
Pelayanan Nasabah untuk diberi paraf.
d. Selama kegiatan Praktek Kerja Nyata penulis ditempatkan pada bagian
Customer Service yang bertugas untuk melayani permasalahan tentang
nasabah .
Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada PT. Bank Tabungan
Negara (Persero) Cabang Jember yaitu sebagai berikut :
1) Membantu nasabah apabila ingin melakukan pembukaan Tabungan Batara
2) Membantu memasukkan data-data nasabah kedalam komputer
3) Membantu menangani keluhan nasabah
Collections
- DP-Financial Management [400]