Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Tingkat Provinsi Berdasarkan Watson Siswa Kelas V SD
Abstract
Bagi setiap negara, pendidikan merupakan peran yang sangat penting. Tujuan dari pendidikan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk manusia menjadi lebih maju dan berkembang. Dilaksanakannya suatu aktivitas di dalam pendidikan dapat menjadi tercapainya tujuan pendidikan. Aktivitas pendidikan bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar, karena merupakan suatu komponen untuk mengukur suatu keberhasilan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Kesalahan yang dilakukan siswa perlu dicari tahu penyebab yang mempengaruhinya. Evaluasi merupakan proses yang harus dilakukan untuk memperoleh data agar mengetahui tujuan pembelajaran yang telah dicapai oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menelaah jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika tingkat Provinsi menurut Watson dan (2) menelaah penyebab siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika tingkat Provinsi menurut Watson.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C dengan jumlah siswa 38 orang, yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Instrumen penelitian ini yaitu soal tes yang diadopsi dari soal DETIK (olimpiaDE matemaTIKa) MSC Universitas Jember tahun 2016 dan 2017 dengan soal sebanyak 6 butir. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Data hasil tes digunakan untuk mengetahui jenis kesalahan menurut kategori Watson yang dilakukan siswa kelas V C SDN Kepatihan 01 Jember.