Homeschooling : Persepsi, Latar Belakang dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember) (Homeschooling : Perception, Background and Problematic (Case Study in Student Homeschooling District of Jember))
Abstract
Homeschooling merupakan model pendidikan alternative yang fenomenal yang ramai diperbincangkan oleh kalangan
masyarakat, orang tua, dan praktisi pendidikan, diantaranya berkaitan dengan sosialisasi anak jika belajar di rumah. Orang
tua Bertanggung jawab dan terlibat secara langsung dalam proses penyelenggaraan pendidikan dan PDCA (Plan, Do, Check
and Actions). Homeschooling berkembang di Indonesia terjadi akibat dari rasa ketidakpercayaan terhadap sekolah formal
karena kurikulum terus berubah (ganti menteri ganti kurikulum) dan dirasakan memberatkan peserta didik, anak sebagai
objek bukan subjek, memasung kreatifitas dan kecerdasan anak, baik segi emosional, moral, maupun spiritual dan
kekhawatiran orang tua terhadap dari lingkungan luar yang negatif serta adanya ketidakpuasan orang tua terhadap sistem
sekolah formal.Namun kelemahan dalam homeschooling yaitu sosialisasi dengan teman sebaya (horizontal socialization)
relatif lebih rendah. Peserta didik homeschooling relatif tidak terekspos dengan pergaulan yang heterogen dan majemuk baik
secara sosial dan memungkinkan untuk terisolasi dari lingkungan sosial, Jenis penelitian ini adalah Studi kasus dan sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai, yakni mendiskripsikan dan mengetahui persepsi latar belakang peserta didik yang
mengikuti dan problematika yang ada di Homeschooling.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7323]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
MODEL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Di Lembaga Pendampingan Belajar Dan Homeschooling Chubby Education Indonesia Jember Tahun 2011)
Christsandy Gunawan (2013-12-07)Homeschooling merupakan pendidikan alternatif yang menggunakan sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah, dengan menempatkan peran serta keluarga atau orang tua sebagai penyelenggara. Model ... -
PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA DI HOMESCHOOLING (Studi Kasus Di Sekolah Dolan Merjosari Kabupaten Malang )
Dias Putri Yuniar (2013-10-31)Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu hidup bersama orang lain, membutuhkan orang lain dan perilakunya juga selalu menunjukkan hubungan dengan orang lain. Secara instingtif manusia akan berhubungan ... -
PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA DI HOMESCHOOLING (Studi Kasus Di Sekolah Dolan Merjosari Kabupaten Malang )
Dias Putri Yuniar (2013-12-09)Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu hidup bersama orang lain, membutuhkan orang lain dan perilakunya juga selalu menunjukkan hubungan dengan orang lain. Secara instingtif manusia akan berhubungan satu dengan ...