• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

    Thumbnail
    View/Open
    Nindya Wulan Yunita - 150210101022 Sdh.pdf (8.946Mb)
    Date
    2019-08-16
    Author
    Yunita, Nindya Wulan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua individu untuk mencapai suatu cita-cita (keinginan). Pendidikan di suatu negara terdiri atas berbagai macam ilmu, salah satunya adalah matematika. Dalam dunia pendidikan, matematika diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sehingga diharapkan siswa dapat memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa, karena kemampuan ini dapat digunakan oleh siswa untuk lebih mendalami konsep mata pelajaran matematika itu sendiri. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dapat digunakan siswa untuk menyelesaikan suatu masalah secara logis dan benar berdasarkan informasi yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendeskripsian dilakukan dengan memberikan gambaran mengenai kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Jember dalam menyelesaikan soal matematika berbasis LSLC ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan logis matematis, RPP, LKS, tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil validasi semua instrumen penelitian tersebut baik dari segi konstruksi, isi, dan bahasa diperoleh nilai rata-rata berturut-turut adalah 2.926, 2.923, 2.9, 2.933, dan 2.904. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil tes kecerdasan logis matematis, RPP, LKS, tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91831
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository