Prosedur Administrasi Klaim Dana Kelangsungan Belajar Js Prestasi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Jember
Abstract
Perusahaan asuransi merupakan perusahaan jasa yang menyediakan
berbagai polis asuransi untuk melindungi seseorang atau nasabahnya dari berbagai
macam resiko kerugian dengan cara membayar premi secara teratur.
Perkembangan perusahaan asuransi selalu mendapat perhatian para pakar
akademik dan media masa. Asuransi sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari
maupun dalam hal yang kita tidak inginkan seperti kecelakaan. Tetapi dalam hal
ini tidak banyak masyarakat yang paham tentang pentingnya jaminan asuransi
apabila terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan dikemudian hari, seperti kematian.
Sehingga pemahaman mengenai asuransi terhadap masyarakat perlu ditingkatkan,
agar dapat memahami berbagai manfaat dari jaminan asuransi.
Salah satu bentuk asuransi yang umum dipahami oleh masyarakat adalah
asuransi jiwa. Asuransi jiwa merupakan suatu jasa yang diberikan oleh
perusahaan asuransi dalam penanggulangan resiko resiko yang dikaitkan dengan
jiwa atau meninggalnya seseorang (Siamat, 2004: 425). Dalam asuransi jiwa yang
dipertanggungkan adalah asuransi yang disebabkan oleh kematian. Resiko yang
mungkin timbul pada asuransi jiwa terutama terletak pada unsur waktu, oleh
karena itu sulit untuk mengetahui kapan seseorang tersebut akan meninggal dunia.
Untuk memperkecil resiko tersebut, perlu diadakannya pertanggungan jiwa.
Alasan memilih PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Jember
sebagai tempat praktek kerja nyata dikarenakan lebih mengarah kepada
pembahasan prosedur klaim sesuai yang ingin diterapkan oleh penulis. Pada
perusahaan ini terdapat banyak produk asuransi termasuk JS Prestasi. JS Prestasi
adalah program asuransi pendidikan yang dapat membantu orang tua untuk
mempersiapkan dana pendidikan untuk putra-putrinya sampai dengan jenjang
perguruan tinggi. Asuransi jiwa ini memiliki dua unsur yaitu saving dan proteksi
Collections
- DP-Financial Management [400]