• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Persepsi dan Praktek Para Guru Bahasa Inggris SMAN se Kabupaten Jember Tentang Pembelajar Mandiri

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Lap Pen_Sudarsono_Evaluasi Persepsi.pdf (1.112Mb)
    Date
    2019-07-23
    Author
    Sudarsono, Sudarsono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajar otonomi atau mandiri (PM) masih menjadi topik yang menarik dan tren untuk praktisi Bahasa Inggris, baik guru atau peneliti. Mempromosikan pembelajar mandiri harus dimulai lebih awal pada semua tingkatan umur di sekolah atau di rumah. Makalah penelitian ini melaporkan temuan-temuan tentang bagaimana guru bahasa Inggris sekolah menengah atas mempersepsi konsep PM dan sejauh mana praktik mengajar bahasa Inggris untuk mempromosikan PM. Pesertanya adalah 33 guru Bahasa Inggris SMA dan swasta negeri yang bergabung dengan program MGMP. Data, dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Temuan mengungkapkan bahwa 97% peserta setuju atau tidak setuju bahwa studi independen di perpustakaan adalah kegiatan yang mengembangkan pembelajar mandiri; 94% dari peserta setuju atau sangat setuju bahwa pembelajar mandiri dipromosikan ketika peserta didik memiliki beberapa pilihan dalam jenis kegiatan yang mereka lakukan; 88% dari peserta setuju atau sangat setuju bahwa pelajar bahasa dari segala usia dapat mengembangkan pembelajar mandiri; 82% peserta sering atau selalu melakukan kegiatan untuk mempromosikan pembelajar mandiri seperti mendorong siswa untuk tidak takut membuat kesalahan dan meminta siswa untuk melakukan kerja sama dan pembelajaran sebaya jika memungkinkan. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk pengembangan profesional guru dan untuk mempromosikan pembelajar mandiri di tingkat sekolah menengah atas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91369
    Collections
    • LSP-The Research [168]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository