Efek Kualitas Audit dan Leverage terhadap Earnings Management serta Kinerja Keuangan pada Perusahaan yang Melakukan Seasoned Equity Offerings pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Perkembangan industri di Indonesia yang semakin pesat berdampak pada
pertumbuhan investasi dalam rangka pengembangan usaha. Salah satu hal yang
dilakukan oleh manajer dalam pengembangan usaha tersebut adalah dengan
menambah modal usaha baik dengan tujuan membiayai kegiatan operasionalnya,
penambahan investasi atau pembayaran angsuran yang telah jatuh tempo melalui
Initial Public Offerings (IPOs) dan Seasoned Equity Offerings (SEOs). Investor
dalam hal menentukan pembelian saham mengacu pada kinerja perusahaan dengan
melakukan analisis pada laporan keuangan. kondisi investor ketika akan
menganalisis kinerja perusahaan, mereka tidak dapat memperoleh informasi
kondisi riil perusahaan, sehingga manajer memilki kebebasan dalam menentukan
kebijakan akuntansi dengan membuat laporan keuangan semenarik mungkin.
Tindakan manajemen ini dikenal dengan nama Earnings Management (EM).
Penelitian Cohen dan Zarowin (2010), menyatakan bahwa tindakan
Earnings Management pada perusahaan yang melakukan SEOs dipengaruhi oleh
beberapa faktor salah satu diantaranya kualitas audit yang dinilai dari Big 4.
Perilaku EM juga berdampak terhadap kinerja perusahaan yang dinilai dari ROA
saat terjadinya SEOs dan satu tahun setelah SEOs. Penelitian ini merupakan
pengembangan dari riset Cohen dan Zarowin (2010) dengan menggunakan sampel
pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang
melakukan SEOs pada tahun 2003 s.d 2016. Penelitian ini mencoba memasukkan
alternatif pengukuran kualitas audit dengan proksi spesialisasi industri audit, dan
variabel leverage. Penelitian ini menggunakan data sekunder perusahaan. Pengolahan, dan pengujian hipotesis menggunakan metode Ordinary Least Square
(OLS) dengan bantuan aplikasi Eviews 10.
Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh kualitas audit
dan leverage terhadap kinerja perusahaan dengan EM sebagai variabel
intermediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas audit dan
leverage berpengaruh signifikan terhadap Accrual Earnings Management (AEM),
namun kualitas audit dan leverage tersebut tidak berpengaruh siginifikan terhadap
kinerja perusahaan baik saat SEOs ataupun setelah SEOs. Hasil selanjutnya adalah
bahwa AEM mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan
pada tahun saat melakukan SEOs,
Collections
- MT-Accounting [51]