Penerapan Peta Konsep Berupa Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Pahlawanku di SDN Pakisan 01 Bondowoso
Abstract
Pembelajaran peta konsep merupakan alat bantu dalam meningkatkan kemampuan siswa mengingat jangka panjang, meningkatkan prestasi akademis dan sikap siswa. Dengan demikian peta konsep merupakan model tepat yang dapat diterapkan guru agar proses belajar lebih optimal. Sesuai K 13 ada berbagai mata pelajaran yang saling terintegrasi misalnya Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu pengetahuan sosial dan kewarganegaraan. Berdasarkan hasil wawancara dengan gum kelas IV di SDN Pakisan 01 diperoleh data aktivitas siswa di kelas IV sebagai berikut: (1) memperhatikan penjelasan gum dengan skor 56,58%, (2) menjawab pertanyaan gum dengan skor 59,21%, (3) berani bertanya dengan skor 56,58%, (4) menggambar dengan skor 0% dan (5) memecahkan soal dengan skor 67,11%. Untuk hasil belajar diketahui hasil sebagai berikut: nilai klasikal afektif 76,97 (Baik), nilai klasikal kognitif adalah 69,37 (Baik), dan nilai klasikal psikomotor 69,37 (Baik). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan peta konsep berupa power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV terna pahlawanku di SDN Pakisan 01.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan peta konsep berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan tema pahlawanku di SDN Pakisan 01. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, metode pengumpu Ian data meliputi observasi, wawancara, dokumen dan tes. Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 1 kali, pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pakisan 01 pada hari Senin, 5 November 2018 (Prasiklus), Rabu, 28 November 2018 (siklus 1), dan Jumat, 28 Desember 2018 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV. Penerapan Penerapan Peta Konsep Berupa Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Pahlawanku Di SDN Pakisan 01 Bondowoso berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat sebelumnya Hasil penelitian menunjukan bahwa Aktivitas belajar siswa dengan penerapan peta konsep berupa power point tema pahlawanku pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Pada siklus 1 Jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 1 siswa, siswa aktif sebanyak 7 siswa, siswa cukup aktif sebanyak 11 siswa, siswa kurang aktif dan sangat kurang aktif sebanyak 0. Pada siklus II jumlah siswa sangat aktif sebanyak 3 siswa, siswa aktif sebanyak 10 siswa, siswa cukup aktif sebanyak 6 siswa, siswa kurang aktif dan sangat kurang aktif sebanyak 0. Secara klasikal aktivitas siswa dapat dilihat dari persentase pada siklus sebesar 75% dan siklus II sebesar 79,28%. Hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pea konsep berupa power point pada tema Pahlawanku pada siklus I secara klasikal mendapatkan nilai 74,89 (kognitif), 75,26 (psikomotor), 80,26 (afektif) sedangkan pada siklus II memperoleh nilai klasikal sebesar 81,31 (kognitif), 79,89 (psikomotor), 83,55 (afektif).
Saran dari peneliti bagi guru yaitu diharapkan mampu menerapkan strategi peta konsep jenis pohon jaringan sebagai strategi pembelajaran dikelas sehingga siswa lebih tertarik dalam pembelajaran.