• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita Pokok Bahasan SPLDV Berdasarkan Tahapan Wallas ditinjau dari Gaya Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    Ulfatul Khasanah-140210101067.pdf (7.000Mb)
    Date
    2019-05-24
    Author
    KHASANAH, Ulfatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah matematika adalah suatu situasi yang memerlukan tindakan, namun tidak dapat langsung memecahkan suatu permasalahan terhadap situasi tersebut. Pemecahan masalah adalah upaya seseorang dalam mencari suatu solusi untuk memecahkan suatu masalah berdasarkan aturan-atauran atau prosedur yang telah ada. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting di dunia pendidian, peserta didik mampu melihat persoalan dari berbagai perspektif dan mampu memecahkan masalah dengan berbagai alternative. Gaya belajar adalah salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar. Gaya belajar yang dimiliki individu menentukan bagaimana indvidu tersebut mampu menyerap berbagai informasi yang diberikan. Gaya belajar mempunya 3 jenis yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Setiap gaya belajar mempunyai ciri-ciri yang berbeda, gaya belajar visual lebih mengandalkan mata atau penglihatan, gaya belajar auditorial mengandalkan telinga atau pendengaran, dan gaya belajar kinestetik mnegandalkan suatu gerakan atau tindakan langsung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif karena untuk mendeskripsikan proses berpikir berpikir kreatif siswa SMPN 1 Arjasa kelas VIII dalam memecahkan soal cerita SPLDV berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari gaya belajar siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Arjasa, kamudian diambil sebanyak 6 siswa untuk dianalisis dan dilakukan wawancara secara mendalam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, soal cerita pokok bahasan SPLDV, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan tentang proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan soal cerita pokok bahasan SPLDV berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari gaya belajar di SMPN 1 Arjasa adalah berbeda-beda. Perbedaan ini dapat diketahui dari cara subjek untuk memahami permasalahan berbeda-beda sehingga proses yang dilakukan dalam memahami informasi awal, merencanakan ide penyelesaian serta dalam melaksanakan penyelesaian berbeda-beda dan ada kemiripan pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam satu gaya belajar. Siswa dengan gaya belajar visual mampu melewati setiap tahapan berpikir kreatif Wallas dengan baik dan mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif. Siswa mampu menjelaskan jawaban yang diperoleh dengan rinci dan benar. Siswa dengan gaya belajar auditorial melewati tahapan awal yaitu preparasi dengan lancar, siswa cenderung kesulitan di soal nomor 2, hal ini dapat dilihat dari tahap iluminasi. Siswa dengan gaya belajar audiorial hanya mampu mendapatkan satu ide penyelesaian dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh di soal nomor dua. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memahami soal dengan baik karena dapat melewati tahapan preparasi dengan lancar. Siswa kinestetik cenderung kesulitan dalam mengerjakan kedua soal, hal ini dapat dilihat dari tahapan iluminasi dan verifikasi dimana mereka hanya bisa mendapatkan satu ide penyelesaian dan tidak melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban yang telah diperoleh. Siswa dengan gaya belajar visual mampu melewati empat indikator tahapan berpikir kreatif Wallas, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial dan siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu melewati tiga tahapan berpikir kreatif Wallas. Keenam subjek hanya mampu memenuhi tiga indikator dari empat indikator berpikir kreatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90991
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository