Penerapan Metode User Centered Design Untuk Mengembangkan E-Learning Universitas Jember Berbasis Mobile
Date
2019-05-06Author
Adnan, Fahrobby
Muttaqin, Muhammad Huda
Dharmawan, Tio
Metadata
Show full item recordAbstract
Aspek usability atau daya guna mengacu pada sudut pandang pengguna saat menggunakan dan
memanfaatkan suatu produk. Penggunaan metode yang kurang tepat pada pengembangan desain suatu
aplikasi akan berdampak pada besarnya jumlah permintaan untuk memodifikasi produk setelah produk
selesai dikerjakan. Masalah pemilihan metode yang kurang tepat pada pengembangan desain biasanya
terjadi pada aplikasi berbasis Graphical User Interface (GUI), E-commerce websites, mobile services,
dan juga teknologi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. E-learning merupakan salah satu teknologi
yang berkembang pesat sebagai sistem pembelajaran jarak jauh yang memberikan ragam solusi di mana
Internet sebagai medianya. Didukung dengan memanfaatkan kehadiran perkembangan teknologi bernama
smartphone juga dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya
smartphone, pelajar akan lebih mudah mengakses materi pembelajaran, dan pengajar juga lebih mudah
dalam membagikan materi yang akan diajarkan. Untuk mendukung usaha memperoleh tingkat kepuasan
pengguna tanpa meninggalkan tujuan khusus dari pembuatan aplikasi itu sendiri dapat diterapkan sebuah
metode user centered design (UCD). UCD merupakan metode yang mengacu pendekatan kepada
keinginan user. Dengan penerapan metode ini user akan merasa puas dan nyaman saat berinteraksi dengan
sistem. Berdasarkan pada konsep dari metode UCD dan permasalahan yang terjadi pada e-learning
khususnya aplikasi E-Learning Universitas Jember maka dapat dilihat bahwa metode UCD cocok untuk
diterapkan dalam pengembangan aplikasi e-learning Universitas Jember berbasis mobile (M-Learning)
dengan tujuan untuk lebih memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran di Universitas
Jember. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap
pengembangan sistem. Tahap pengumpulan data yang terdiri dari studi literatur, dan kuesioner. Tahap
analisis dilakukan dengan mengolah data hasil kuesioner dan melakukan usability testing. Tahap
pengembangan dilakukan dengan membangun aplikasi e-learning berbasis mobile. Hasil dari penelitian
ini adalah sebuah aplikasi M-Learning Universitas jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]