Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2016
Date
2019-04-22Author
Lestari, Oktavia Dwi
Puspitaningtyas, Zarah
Prakoso, Aryo
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan studi ini adalah menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR)
terhadap profitabilitas.Corporate Social Responsibility (CSR) diproksikan ke biaya kesejahteraan
karyawan, biaya kemitraan, dan biaya bina lingkungan, sedangkan profitabilitas diproksikan ke
Return On Assets (ROA). Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data
menggunakan metode regresi linier berganda. Populasi adalah seluruh perusahaan barang konsumsi
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), selanjutnya sampel dipilih menggunakan teknik
purposive dan diperoleh 9 perusahaan. Berdasarkan hasil analisis, pada tingkat signifikansi 5%
menunjukkan bahwa secara parsial biaya kesejahteraan karyawan berpengaruh signifikan terhadap
profitabilitas. Sedangkan, biaya kemitraan dan biaya bina lingkungan tidak berpengaruh terhadap
profitabilitas. Uji simultan menunjukan bahwa biaya kesejahteraan karyawan, biaya kemitraan, dan
biaya bina lingkungan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]