Studi Komparasi Antara Metode Active Knowledge Sharing Dengan Metode Cooperative Script Terhadap Communication Skills Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X Mipa Di Sman Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Pembelajaran sejarah di SMAN Kalisat sudah menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Namun penerapan metode pembelajaran yang kurang optimal mengakibatkan pembelajaran berlangsung dengan pasif. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran secara optimal. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya adalah metode active knowledge sharing dan metode cooperative script. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills peserta didik; (2) apakah terdapat perbedaan yang siginifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap hasil belajar sejarah peserta didik; (3) metode pembelajaran manakah yang lebih baik antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar sejarah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (2) untuk menganalisis perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (3) untuk menganalisis metode pembelajaran yang lebih baik antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design bentuk Posttest Only Control Design yang sesuai dengan tujuan permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan yang signifikan penggunaan metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar sejarah peserta didik. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini adalah teknik analisis uji t tidak berpasangan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar sejarah peserta didik. Untuk variabel communication skills didapatkan nilai thitung sebesar 2,182 dengan nilai signifikansi sebesar 0,032 nilai ttabel pada derajat bebas 70 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,666. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik diperoleh nilai thitung sebesar 2,245 dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 nilai ttabel pada derajat bebas 70 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,666. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills peserta didik kelas X MIPA di SMAN Kalisat tahun ajaran 2018/2019; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMAN Kalisat tahun ajaran 2018/2019; (3) metode active knowledge sharing lebih baik dari metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMAN Kalisat tahun ajaran 2018/2019.