• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Komparasi Antara Metode Active Knowledge Sharing Dengan Metode Cooperative Script Terhadap Communication Skills Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X Mipa Di Sman Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Vina Himaturrofi’ah-130210302078.pdf_.pdf (1.494Mb)
    Date
    2019-04-11
    Author
    HIMATURROFI'AH, Vina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah di SMAN Kalisat sudah menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Namun penerapan metode pembelajaran yang kurang optimal mengakibatkan pembelajaran berlangsung dengan pasif. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran secara optimal. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya adalah metode active knowledge sharing dan metode cooperative script. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills peserta didik; (2) apakah terdapat perbedaan yang siginifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap hasil belajar sejarah peserta didik; (3) metode pembelajaran manakah yang lebih baik antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar sejarah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (2) untuk menganalisis perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (3) untuk menganalisis metode pembelajaran yang lebih baik antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design bentuk Posttest Only Control Design yang sesuai dengan tujuan permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan yang signifikan penggunaan metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar sejarah peserta didik. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini adalah teknik analisis uji t tidak berpasangan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar sejarah peserta didik. Untuk variabel communication skills didapatkan nilai thitung sebesar 2,182 dengan nilai signifikansi sebesar 0,032 nilai ttabel pada derajat bebas 70 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,666. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik diperoleh nilai thitung sebesar 2,245 dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 nilai ttabel pada derajat bebas 70 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,666. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap communication skills peserta didik kelas X MIPA di SMAN Kalisat tahun ajaran 2018/2019; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara metode active knowledge sharing dengan metode cooperative script terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMAN Kalisat tahun ajaran 2018/2019; (3) metode active knowledge sharing lebih baik dari metode cooperative script terhadap communication skills dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMAN Kalisat tahun ajaran 2018/2019.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90426
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository