• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan Phet Simulations Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola

    Thumbnail
    View/Open
    Ilma Nafiatul Barokah-150210102049.pdf_.pdf (1.953Mb)
    Date
    2019-04-11
    Author
    BAROKAH, Ilma Nafiatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan tidak hanya bertujuan memberikan materi pembelajaran saja, namun bagaimana mengajak siswa menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman yang didapatkan. Berdasarkan hasil ulangan harian sebelumnya nilai rata-rata yang diperoleh masih tergolong rendah. Hal ini mengidentifikasi bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan beberapa guru fisika di SMAN 1 Kencong menyebutkan bahwa pembelajaran saat ini sering menggunakan model pembelajaran langsung dimana pada saat pembelajaran di kelas menggunakan metode ceramah, sedangkan siswa cenderung mendengarkan saja. Kemudian saat pembelajaran jarang praktikum dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana. Untuk itu perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Beberapa teori menjelaskan bahwa model guided inquiry dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dan menuntut siswa aktif. Untuk mengatasi kurangnya sarana dan prasarana di laboratorium maka model pembelajaran tersebut dibantu dengan PhET simulations. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh guided inquiry berbantuan PhET simulations terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan gerak parabola. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji adakah pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulations terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada pokok bahasan gerak parabola. 2) mengkaji adakah pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulations terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kencong. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3. Desain penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa post-test yang dilakukan di akhir pembelajaran. Metode analisis data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik yang berupa uji Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 23. Data yang diperoleh antara lain nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis kelas kontrol sebesar 65,05, sedangkan nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 76,2. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulations terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Kencong pada pokok bahasan gerak parabola. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas kontrol sebesar 41,3, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 66,78. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulations terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Kencong pada pokok bahasan gerak parabola. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulations berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada pokok bahasan gerak parabola. Model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulations berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan gerak parabola.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90419
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository