Analisis Pengaruh Vane Terhadap Karakteristik Distribusi Tekanan Airfoil Double-Slotted Flap Pesawat N2XX
Date
2019-04-10Author
Jatisukamto, Gaguk
Sari, Mirna
Putranto, Gembong Djoni
Metadata
Show full item recordAbstract
Kestabilan pesawat terbang ditentukan oleh disain airfoil sayap dan ekor. Perbedaan aliran udara
antara permukaan atas dan bawah airfoil menghasilkan perbedaan tekanan sehingga menyebabkan
gaya angkat (lift) pada sayap. Perbedaan tekanan udara pada permukaan sayap dinyatakan dengan
pressure coefficient (c
p
), yaitu perbedaan tekanan statik lokal dengan tekanan statik aliran bebas.
Koefisien lift (C
l
) adalah rasio antara gaya angkat (lift) dengan tekanan dinamis. Peningkatan
angka C
l
sebesar 20,4% pada riset sebelumnya diperoleh berdasarkan simulasi penambahan flap.
Penelitian ini bertujuan menganalis flap dengan menambahkan vane (double slotted flap).
Metodologi penelitian dilakukan dengan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD). Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan koefisien lift dari kedua airfoil tidak terlalu
signifikan, dimana perubahan pada bagian bawah trailing edge relatif kecil. Penambahan vane
akan menambah tekanan positif pada bagian bawah airfoil sehingga menambah gaya angkat (lift).
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]