Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Pendidik Sejarah Se Kabupaten Jember
Abstract
Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan
keberhasilan pendidikan. Guru yang profesional akan mempunyai pengaruh
langsung terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu untuk menghasilkan
proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusia
yang cerdas dan kompetetif dibutuhkan guru yang profesional. Pemerintah telah
mengupayakan terciptanya guru profesional. Salah satunya ialah menentukan
standar nasional pendidikan yang dituangkan dalam PP No. 19 Tahun 2005 Pasal
28 yang menyatakan bahwa pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan
kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani serta memiliki
kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Namun realita di
lapangan menunjukkan bahwa kualitas manusia Indonesia sebagai sumber daya
yang potensial masih jauh dari harapan. Hal ini terjadi akibat rendahnya kualitas
pendidikan di Indonesia. Pendidik profesional dapat diwujudkan salah satunya
dengan meningkatkan kualitas Technological Pedagogical Knowledge (TPK).
Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa pendidik profesional
diharapkan memiliki kemampuan technological pedagogical knowledge.
Komponen utama technological pedagogical knowledge terdiri atas pengetahuan
tentang alat ICT, strategi pembelajaran didukung oleh ICT, penggunaan ICT
dalam penelitian ilmiah, keterampilan informasi, fasilitator peserta didik, dan
kesulitan teknis peserta didik.