Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Dan Profitabilitas Perusahaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap nilai perusahaan (2) pengaruh pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) terhhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan yang dikelola dalam Jakarta Islamic Index dari tahun 2015 sampai 2017. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel independen dan nilai perusahaan (PBV) dan profitabilitas (ROA) sebagai variabel dependen. Sampel ini terdiri dari dua puluh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) secara berturutturut pada tahun 2015 sampai 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.. Penelitian ini menggunakan uji-t untuk menguji korelasi pasrsial masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis uji-t, menunjukkan bahwa ISR tidak memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan namun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA